Para Peneliti Temukan Cara Mengobati Kanker – FAJAR health
News Update

Para Peneliti Temukan Cara Mengobati Kanker

Foto: Engadget

FAJAR.CO.ID, MEDFORD – Para ilmuwan telah menunjukkan bagaimana penggunaan optogenetics (gen yang sensitif terhadap cahaya dan sel) dapat digunakan untuk mengobati segala macam kondisi medis.

Baru-baru ini, para peneliti dari Universitas Tufts di Medford, Massachusets, Amerika Serikat mengumumkan temuan mereka tentang manfaat baru penggunaan teknik tersebut dalam melawan sel kanker.

Tidak hanya dapat mencegah pertumbuhan kanker, penggunaan optogenetics menurut para peneliti di Tufts itu bahkan mampu membalikan pertumbuhan sel kanker.

Dilansir dari Engadget, eksperimen tersebut menunjukan bagaimana embrio katak yang memiliki gen produksi ion (yang sensitive terhadap cahaya), disuntikan pada sel tumor yang kemudian di ekpos pada cahaya lampu berwarna biru sekitar satu hari lamanya. Setelah menyesuaikan sinyal elektrikal keduanya, sel tumor pun musnah.

Lalu apakah ini berarti obat kanker yang benar-benar mujarab sudah di depan mata? Tim peneliti Tufts mengakui masih membutuhkan waktu untuk mengujinya pada manusia.

Michael Levin salah seorang penulis dalam penelitian tersebut menyebutkan akan butuh waktu yang lama dalam memecahkan kode bioelektrikal dan membuatnya praktis bagi manusia.

Namun setidaknya, temuan optogenetics terhadap upaya penyembuhan kanker memberikan secercah harapan kepada manusia dan tidak tertutup kemungkinan suatu hari, orang dapat menyembuhkan kanker hanya dengan bermandikan aura biru.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top