Bagian Putih pada Pangkal Kuku Bisa Kasih Tahu Kesehatan Kita – FAJAR health
News Update

Bagian Putih pada Pangkal Kuku Bisa Kasih Tahu Kesehatan Kita

FAJAR.CO.ID, – Tiap orang memiliki bagian putih pada pangkal kukunya. Area ini, sangat penting dan sensitive. Bagian ini dikenal dengan nama lunula dalam bahasa latin.

Secara harfiah lunula memiliki arti bulan kecil. Hal ini karena bentuknya yang mirip bulan. Lunula merupakan bagian dari akar kuku yang muncul ke atas. Dapat dilihat dipermukaan kuku. Jika lunula mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh pada seluruh bagian kuku. Dan merusaknya secara permanen.

Lunula berfungsi untuk mengantikan bagian kuku yang rusak dengan yang baru. Dalam beberapa kasus, lunula tidak ada pada sebagian orang karena tertutup oleh eponychium, kulit di sekeliling kuku. Namun juga ia juga mempunyai hubungan dengan kesehatan tubuh.

Dilansir dari healthyadvisorgroup, menurut pengobatan tradisional yang berasal dari Cina, kurangnya lunula mengindikasikan penyakit anemia dan mal-nutrisi. Sementara lunula yang berwarna pucat dan dan kebirua-biruan mengidikasikan diabetes. Jika berwarna kemerah-merahan adalah penyakit kardiosvikular.

Kurangnya lunula atau lunula yang kecil biasanya juga berhubungan dengan pencernaan yang bisa terjadi karena metabolism yang renda dan banyaknya toksin.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top