Ini Dia Fakta Mengejutkan Dibalik Fungsi Indra Perasa yang Salah Persepsi – FAJAR health
News Update

Ini Dia Fakta Mengejutkan Dibalik Fungsi Indra Perasa yang Salah Persepsi

FAJAR.CO.ID – Kebanyakan orang menganggap bahwa pelajaran di sekolah mengenai peta lidah, bagian dari lidah yang bertanggung jawab atas rasa manis, asam, pahit dan asin sebagai sebuah fakta oleh kebanyakan orang.

Rasa manis dikecap oleh lidah bagian depan, pahit pada bagian belakang lidah, asam pada bagian kanan dan kiri pada bagian depan lidah, dan rasa asin pada bagian belakang kiri dan kanan lidah.

image

Namun pada kenyataannya, setiap organ pengecap pada lidah manusia dapat merasakan berbagai macam rasa.

Lalu dari mana datangnya peta lidah yang kita ketahui selama ini? Seperti dilansir dari Medical News Today, peta lidah itu datang dari kesalahan mengartikan dari sebuah thesis berbahasa Jerman yang ditulis oleh Edwin Boring pada tahun 1901 silam, yang kemudian dianulir pada tahun 1974. Namun sayangnya, untuk beberapa alasan, peta lidah itu tetap terus digunakan.

Pada kenyataannya adalah, memang benar bahwa pada area tertentu di lidah manusia lebih peka terhadap beberapa rasa. Contohnya, manis atau asam, perbedaannya sangat tipis dan berbeda-beda pada setiap orang dan tidak seperti apa yang digambarkan dalam peta lidah yang sudah menjadi pengetahuan umum tersebut.

Tidak hanya itu, kebanyakan dari kita juga hanya mengetahui empat rasa yang dapat dikenali oleh lidah. Padahal, selain rasa manis, pahit, asam dan asin ada rasa kelima yang dikenali oleh lidah manusia yang normal, yakni rasa umami atau gurih, rasa yang datang dari penggunaan monosodium glumate atau MSG yang biasa digunakan manusia dalam memperkaya rasa masakannya.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top