Diet ala DASH Efektif Atasi Darah Tinggi dan Asam Urat – FAJAR health
News Update

Diet ala DASH Efektif Atasi Darah Tinggi dan Asam Urat

Foto: etnogi.ru

FAJAR Health – Sebuah studi terbaru menyatakan bahwa pola makan sehat yang mampu menurunkan tekanan darah seseorang juga dapat menawarkan hasil yang sama pada mereka yang menderita asam urat.

Uji klinis yang dilakukan Johns Hopkins University School of Medicine di Baltimore, Amerika Serikat ini melibatkan lebih dari 400 partisipan yang diberikan konsumsi DASH, yang terdiri dari buah-buahan, sayur-mayur, susu rendah lemak, dan lemak tak jenuh dalam jumlah terbatas.

Dalam studi yang dirilis dalam jurnal Arthritis and Rheumatology itu ditemukan bahwa merka yang mengkonsumsi DASH mengalami penurunan kadar asam uric dalam tubuh. Kristal asam uric adalah zat yang bertanggungjawab atas pembengkakan pada bagian sendi, kebanyakan terjadi pada bagian jempol kaki, namun bisa juga terjadi area sendi lainnya.

Disebutkan juga dalam temuan ini bagaimana perubahan pola makan dapat menawarkan hasil yang efektif pada penderita dengan kadar asam uric yang masih dalam tahap awal hingga tahap menengah.

“Hasil dari uji coba ini adalah kabar baik bagi penderita darah tinggi dan asam urat. Pendekatan pola makan untuk mencegah asam urat ini bisa dibilang sebagai terapi tahap awal,” kata Dr Edgar Miller III selaku pimpinan studi seperti dikutip dari Medical News Today.

Edgar menegaskan bahwa hasil dari studi ini, yang menganjurkan pengurangan konsumsi alkohol dan asupan protein, juga menganjurkan bahwa asupan gizi standar yang dianjurkan untuk mengurangi kandungan asam uric juga harus dibarengi dengan pola makan DASH

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top