Jangan Biarkan Alzheimer dan Demensia Renggut Masa Tua Anda – FAJAR health
Warning

Jangan Biarkan Alzheimer dan Demensia Renggut Masa Tua Anda

Foto: homecareassistance.com

FAJAR Health – Statistik menunjukan bahwa jumlah penderita Alzheimer dan demensia mengalami peningkatan yang signifikan. Di Amerika Serikat, terdapat lebih dari 5 juta jiwa yang menderita penyakit yang menyerang ingatan setiap penderitanya itu.

Akibatnya pun sangat tidak biasa. Banyak dari mereka yang mengalami penurunan kognitif atau kemampuan seperti mengingat, menimbang dan memecahkan sebuah masalah yang berimbas pada pekerjaan, hubungan sosial dan pada akhirnya merenggut kebebasan anda dalam beraktifitas.

Hal ini tentunya menjadi momok tersendiri, karena pada suatu titik, setiap orang akan memasuki masa dimana otak tidak lagi bekerja secara maksimal, seperti di massa keemasan anda.

Menurut beberapa studi, pola hidup yang ada pilih diusia 40 hingga 50 akan menentukan seberapa besar anda terkena resiko dari demensia. Satu-satunya cara terhindar dari resiko penyakit ini tentunya dengan menjalankan pola makan sehat, berolahraga dan tidak merokok.

Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan kualitas hidup anda dan membantu anda terhindar dari penurunan kerja otak seperti dilansir dari Appetite for Health:

1. Mengkonsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur kaya akan nutrisi yang dibutuhkan otak seperto folate, flavonoid, carotenoid dan antioksidan. Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan mampu membantu anda terhidar dari kemunuduran kognitif setidaknya sebesar 40 persen.

2. Mengkonsumsi seafood
Beberapa studi menunjukan bahwa ikan dan beberapa jenis seafood lainnya kaya akan EPA dan DHA asam omega-3 yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi resiko demensia. Konsumsi satu porsi ikan sedikitnya satu kali dalam seminggu, lebih sering akan lebih baik.

3. Perhatikan konsumsi kolin
Kolin adalah nutrien penting bagi otak. Peran kolin sendiri adalah sebagai nutrisi bagi otak dan penting untuk membangun jaringan dan membantu fungsi tubuh. Selain dapat ditemukan pada seafood, kolin juga dapat ditemukan pada daging, kuning telur, coklat, kacang-kacangan, kembang kol, tomat, asparagus produk susu, dan lainnya. Besaran konsumsi kolin yang dianjurkan dalam satu hari adalah 500gram.

4. Hindari makanan yang mengandung gula tambahan
Mengkonsumsi makanan dengan gula tambahan dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kognitif dan menurunnya kemampuan otak dalam menyimpan memori. Gula tambahan banyak ditemukan pada produk seperti es krim, yoghurt, saus tomat, krim salad, minuman beralkohol, minuman bersoda, selai dan masih banyak lagi.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top