Tips Atasi Infeksi Telinga dengan Bahan Rumahan – FAJAR health
Herbal

Tips Atasi Infeksi Telinga dengan Bahan Rumahan

Foto: everydayhealth.com

FAJAR HEALTH – Rasa sakit pada telinga dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, seperti infeksi telinga dan cairan yang terkonsentrasi pada bagian tengah alat pendengaran itu.

Adapun penyebab lain dari sakit telinga dapat juga disebabkan oleh flus, kotoran telinga atau wax, tersumbatnya rongga hidung, meningkatnya tekanan udara dan beberapa penyebab lainnya.

Perlu diketahui, rasa sakit pada telinga ini ternyata lebih sering terjadi pada anak-anak ketimbang orang dewasa, namun terjadi tanpa disadari oleh sang anak itu sendiri. Karenanya, orang tua harus waspada terhadap kebersihan telinga anak-anak.

Berikut beberapa instrumen penting yang dapat anda gunakan untuk membersihkan telinga buah hati anda yang juga bisa anda terapkan pada diri anda sendiri seperti dilansir dari The Bored Mind:

1. Olive oil
Olive oil dapat bereaksi cepat meredakan sakit pada telinga. Berfungsi sebagai pelicin dan membantu menyembuhkan infeksi telinga. Olive oil juga berkhasiat menghilangkan bunyi mendengung pada bagian dalam telinga.

Caranya: masukan 3-4 tetes olive oil hangat ke dalam telinga atau oleskan cairan olive oil pada cotton bud dan oleskan perlahan bagian dalam telinga.

2. Bawang putih
Kandungan analgesik dan antibiotik yang dimiliki bawang putih dapat mengurangi rasa sakit akibat infeksi.

Caranya: Panaskan satu sendok teh cacahan bawang putih dengan dua sendok makan minyak wijen. Dinginkan dan saring minyak tersebut. Berikan 2-3 tetes minyak pada telingan yang terinfeksi.

3. Jahe
Jahe dikenal akan kandungan anti-radangnya yang mampu mengatasi infeksi telinga yang juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami.

Caranya: ekstrak perasan jahe dan oleskan teteskan pada telinga untuk mengurangi rasa sakit dan radang akibat infeksi. Anda juga dapat mencampur satu sendok teh akar jahe segar dengan dua sendok makan olive oil, tunggu hingga 10 menit agar keduanya menyatu dan kemudia teteskan pada telinga yang terinfeksi.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top