Mitos tentang Lemak Jenuh yang Salah Persepsi, Ternyata Menyehatkan! – FAJAR health
Healthy Foods

Mitos tentang Lemak Jenuh yang Salah Persepsi, Ternyata Menyehatkan!

foto: pexels.com

FAJAR HEALTH – Anda mungkin pernah atau bahkan sering mendengar bahwa saturated fat atau lemak jenuh adalah jenis lemak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Lemak jenuh dianggap bertanggung jawab atas meningkatnya kadar LDL kolesterol atau kolesterol jahan pada tubuh.

Namun tahukah anda bahwa semua itu tidak lebih dari sekedar salah persepsi? Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa studi menunjukan bahwa tidak ada kaitannya antara lemak jenuh dengan resiko terkena penyakit jantung.

Dilansir Authority Nutrition, studi terbaru menyatakan, lemak jenuh tidak benar-benar meningkatkan jumlah LDL dalam darah. Efek yang dihasilkan dan mengkonsumsinya pun sangat lemah dan tidak konsisten dan tergantung dari individu yang mengkonsumnya.

Justru, lemak yang selama ini mendapatkan stigma negatif di masyarakat itu adalah sesuatu yang menyehatkan. Manfaat yang dirasakan seseorang dari mengkonsumsi lemak jenuh adalah terhindar dari resiko terkena penyakit jantung, berkat hasiatnya yang mampu meningkatkan HDL kolesterol atau kolesterol baik dalam darah.

Adapun beberapa produk yang kaya akan lemak jenuh adalah minyak kelapa, dark chocolate, mentega, beberapa minyak ikan dari jenis herring, salmon dan menhaden, keju, whipped cream, beberapa jenis kacang seperti pilinut dan macadamia.

loading...

Most Popular

To Top