6 Kebiasaan yang Menjauhkan Anda dari Flu – FAJAR health
News Update

6 Kebiasaan yang Menjauhkan Anda dari Flu

Foto: pexels.com

FAJAR HEALTH – Kita tahu disaat sebagian besar dari kita terserang flu dan batuk setiap tahunnya, namun ada beberapa yang ternyata kebal terhadap serangan virus dan bakteri yang bertanggungjawab atas penyakit menyebalkan tersebut.

Mungkinkah ada hal yang tidak kita ketahui tentang pola hidup mereka?

Berikut apa yang dilakukan orang-orang yang terbebas dari serangan flu dan batuk dan tetap sehat di tengah perubahan cuaca seperti dilansir grandparents.com.

1. Istirahat yang cukup
Studi Carnegie Mellon University (CMU) di Pittsburgh menyebutkan bahwa kurang tidur dapat membuat anda terekspos pada serangan virus dan bakteri, karenanya penting untuk tidur tepat waktu dan dalam waktu yang dianjurkan.

“Tujuh hingga 9 jam adalah waktu yang optimal,” kata Sheldon Cohen, Ph.D. selaku pimpinan studi CMU.

2. Vaksinasi
“Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda,” kata William Schaffner, M.D., profesor dari Vanderbilt University School of Medicine di Nashville.

Vaksin yang dapat digunakan oleh setiap orang dewasa efektif mencegah anda dari flu sebesar 50-60 persen. Tidak hanya itu, vaksin ini ternyata juga dipercaya mampu mengurangi resiko seseorang terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit lain terkait dengan jantung.

3. Tidak merokok
Asap rokok adalah salah satu penyebab rusaknya membran mucus, yang berfungsi sebagai barisan depan terhadap serangan infeksi. Merokok juga merusak sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan, tidak hanya mengakibatkan penyakit jantung dan paru-paru, namun juga berkontribusi pada kanker kandung kemih, serviks, darah, usus besar dan rektal, esophagus, ginjal, liver dan masih banyak lagi.

4. Berolahraga
Aktifitas fisik dapat mendorong sel imune dalam darah dari liur. Dengan berolahraga setidaknya 45 menit dalam sehari, 5 hari dalam seminggu, anda dapat merasakan manfaatnya.

5. Sering mencuci tangan
Banyak ancaman mikroba yang datang melalui tangan anda. Untungnya, mikroba mudah untuk disingkirkan. Dengan sering mencuci tangan anda dengan sabun dan air hangat, anda dapat mengurangi resiko terkena flu.

6. Tertawa
Salah satu kunci untuk sehat adalah banyak tertawa. Pada studi yang dilakukan Western Kentucky University terhadap beberapa partisipannya, mereka yang suka menonton film komedi menunjukan aktifitas yang luar biasa pada cell NK dalam tubuh, yang berfungsi sebagai pembunuh sel mikroba dan kanker.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top