6 Manfaat Luas Konsumsi Prebiotik yang Tidak Anda Ketahui – FAJAR health
Healthy Foods

6 Manfaat Luas Konsumsi Prebiotik yang Tidak Anda Ketahui

Foto: fermented-foods.com

FAJAR HEALTH – Prebiotik adalah mikroorganisme yang dapat dikonsumsi tubuh melalui makanan fermentasi atau melalui suplemen. Banyak studi telah menunjukan bagaimana keseimbangan jumlah bakteria dalam sistem pencernaan manusia berkaitan dengan kesehatan secara keseluruhan dan kerentanan terhadap suatu penyakit.

Berikut beberapa manfaat luas prebiotik bagi tubuh seperti dilansir Authority Nutrition yang perlu anda ketahui:

1. Prebiotik menciptkan keseimbangan jumlah bakreri baik
Keberadaan mikroorganisme ini dalam tubuh memberikan manfaat tersendiri bagi mereka yang mengkonsumsinya. Ketidakseimbangan atau terlalu banyaknya jumlah bakteri jahat dalam sistem pencernaah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

2. Prebiotik dapat mencegah dan menyembuhkan diare
Diare biasa disebabkan oleh efek samping dari mengkonsumsi antibiotik yang mengganggu keseimbangan jumlah bakteri baik dalam pencernaan. Prebiotik juga mampu menyembuhkan diare yang disebabkan selain oleh penggunaan antibiotik.

3. Suplemen prebiotik dapat meningkatkan kesehatan mental
Dalam beberapa studi disebutkan bahwa kesehatan usus berkaitan dengan kesehatan mental seseorang. Peneliti menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi prebiotik, maka masalah kesehatan mental seperti depresi, gelisah dan stress.

4. Prebiotik tertentu dapat menjaga kesehatan jantung
Prebiotik bahkan dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan LDL kolesterol atau kolesterol jahat dalam darah sekaligus menjauhkan anda dari hipertensi.

5. Prebiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Konsumsi prebiotik dipercaya mampu meningkatkan produksi antobodi natural dalam tubuh dan mendorong pertumbuhan sel imune seperti IgA dan T lymphocytes yang berfungsi mengurangi pertumbuhan bakteri jahat.

6. Prebiotik membantu mengurangi berat badan dan lemak perut
Konsumsi prebiotik juga dapat membantu anda yang sedang menurunkan berat badan. Organisme ini mampu mencegah usus dalam mencegah asupan lemak yang berlebih dan membuanya melalui proses pembuangan ketimbang menyimpannya dalam tubuh.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top