Penangkal Virus Zika Sudah di Depan Mata – FAJAR health
News Update

Penangkal Virus Zika Sudah di Depan Mata

Foto: google image

FAJAR HEALTH – Kendati sudah 70 tahun sejak pertamakali diidentifikasi, baru diketehui belakangan bahwa virus yang penyebarannya dibawa oleh nyamuk aedes aegypti itu dapat menyebabkan cacat lahir pada manusia seperti microcephaly dan Guillain-Barré syndrome.

Setelah menyaring ribuan obat-obatan baik yang sudah mendapatkan persetujuan maupun yang sedang dalam proses uji klinis, para peneliti berhasil mengidentifikasi dua kelompok senyawa yang dapat memerangi infeksi virus Zika dalam dua metode, seperti dilansir Medical News Today

Metode pertama adalah bagaimana cara menghentikan virus untuk memperbanyak diri dan metode lainnya adalah bagaimana menghentikan aktifitas virus pada otak janin yang bertanggungjawab atas penyusutan ukuran otak pada bayi yang baru lahir.

Studi yang dirilis pada Nature Medicine ini dianggap sebagai sebuah terobosan penting, yang berarti penangkal atau obat atas serangan virus ini bisa jadi sudah di depan mata.

“Kami memfokuskan pada beberapa senyawa yang memberikan efek tercepat dalam uji klinis ini, ini adalah langkah awal terhadap terapetik yang dapat menghentikan dari penyebaran virus ini,” kata Hengli Tang, seorang profesor sains biologi dari Florida yang juga terlibat dalam studi tersebut.

Salah satu senyawa yang ia dan koleganya termukan adalah bahan dasar dari obat bernama Niclosamide yang biasa digunakan dalam mengobati penyakit yang diakibatkan cacing pita dan studi hewan yang juga terbukti aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Secara teori, para dokter bisa saja memberikan resep dari obat yang dimaksud, namun penggunaan bahan dasar obat ini diakui masih membutuhkan penelitian lebih mendalam.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top