Lebih Sehat Mana, Beras Putih atau Coklat? – FAJAR health
News Update

Lebih Sehat Mana, Beras Putih atau Coklat?

Foto: authoritynutrition.com

FAJAR HEALTH – Brown rice atau beras coklat kaya akan kandungan magnesium dan serat yang baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Para ahli berpendapat bahwa memakan gandum utuh, seperti beras coklat, tidak hanya bermanfaat mengontrol kadar gula, namun juga dapat mengurangi resiko seseorang terkena diabetes tipe-2.

Dalam sebuah studi seperti dilansir Authority Nutrition, para partisipan wanita yang mengkonsumsi gandum utuh dapat terhindar dari resiko diabetes tipe-2 dibandingkan mereka yang mengkonsumsi sedikit gandum.

Artinya, dengan mengganti beras putih yang biasa dikonsumsi orang-orang Asia, sangat bermanfaat dalam memerangi penyakit yang dapat berujung kematian tersebut.

Ada pun alasan yang tepat bagi anda meninggalkan atau mengurangi konsumsi beras putih adalah karena kandungan glycemic index (GI) yang tinggi.

Jika kandungan GI pada beras coklat hanya sekitar 50, namun pada beras putih bisa mencapai 89. Itu artinya, beras putih dapat meningkatkan kadar gula darah hampir dua lebih cepat dibandingkan beras coklat.

Jadi, bagi anda yang telah menunjukan tanda-tanda penyakit diabetes atau penyakit darah tinggi atau mungkin adalah penderita salah satu atau bahkan keduanya, jangan tunda lagi untuk melakukan perubahan pola makan, sebelum semuanya benar-benar terlambat.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top