Beberapa Jenis Makanan Ini Terbukti Perpanjang Umur – FAJAR health
Healthy Foods

Beberapa Jenis Makanan Ini Terbukti Perpanjang Umur

Foto: arcticsgardens.ca

FAJAR HEALTH – Berapa lama umur seseorang hidup di muka bumi ini tidak ada yang tahu. Namun, perlu diketahui bahwa pola makan yang anda miliki saat ini dapat mempengaruhi berapa lama anda hidup.

Seperti halnya makan sembarangan atau tanpa kontrol yang benar, kerap menjadi salah satu penyebab penyakit kronis yang dapat memangkas umur anda.

Oleh karenanya, penting bagi kita untuk memilih jenis makanan yang baik untuk tubuh. Yuk hidup sehat dengan beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat memperpanjang umur bagi siapa yang mengkonsumsinya seperti dilansir Prevention.com ini:

1. Kacang-kacangan
Kabar baik bagi para pecinta kacang-kacangan, karena snack berbahan kacang yang biasa anda konsumsi ternyata salah satu jenis makanan yang mampu memperpanjang umur seseorang. Dari dua studi yang dilakukan Harvard School of Public Health ditemukan bahwa mereka yang gemar mengkonsumsi kacang-kacangan memiliki resiko mati muda lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Segenggam penuh kacang-kacangan dalam sehari cukup untuk membuat anda panjang umur, kata penelitian tersebut.

2. Gandum utuh
Anda mungkin sudah tahu kalau roti gandum sama sekali tidak mengandung nutrien. Namun tahukah anda justru itu yang membuatnya spesial? Beberapa studi menunjukan kaitan antara roti gandum utuh, pasta dan beberapa jenis makanan berbahan yang sama membuat anda hidup lebih lama.

Menurut salah satu studi di JAMA Internal Medicine, setip porsi makanan berbahan gandum utuh dapat mengurangi resiko meninggal akibat gangguan jantung sebesar 9 persen. Bagi anda yang tertarik mengkonsumsi jenis roti ini, pastikan label kemasannya menyebutkan 100 persen gandum utuh.

3. Makanan pedas
Anda suka makanan pedas? Riset menunjukan bahwa gemar memakan makanan pedas dapat membuat anda sehat lebih lama. Studi dari China yang melibatkan 450 ribu partisipan yang terdiri dari pria dan wanita menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan pedas 6 sampai 7 hari dalam seminggu dapat mengurangi resiko kematian sebesar 14 persen dibandingkan mereka yang mengkonsumsinya kurang dari itu atau bahkan tidak sama sekali.

4. Rumput laut
Lebih dari 1000 studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi rumput laut dapat mengatasi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlambat pertumbuhan pertumbuhan kanker. Dalam studi berjudul The Japanese “Longevity” Dietary Constituent dijelaskan mengapa Jepang adalah salah satu negara di dunia dengan penduduk yang memiliki umur panjang.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top