Hal Mengerikan yang Terjadi Ketika Terlalu Banyak Minum Air – FAJAR health
Warning

Hal Mengerikan yang Terjadi Ketika Terlalu Banyak Minum Air

Foto: google image

FAJAR HEALTH – Mengkonsumi air adalah suatu keharusan, agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan benar sekaligus mengganti cairan yang hilang melalui keringat, urine dan nafas.

Kurang mengkonsumsi air biasanya menjadi penyebab terjadinya beberapa masalah kesehatan seperti mudah lelah, pusing-pusing dan keram otot. Namun tahukah anda minum terlalu banyak air juga ternyata tidak baik lho!

Intoksikasi atau keracunan air adalah kondisi dimana terganggunya fungsi otak akibat terlalu banyak meminum air. Hal ini terjadi karena meningkatnya jumlah air di dalam darah yang menyebabkan berkurangnya jumlah elektrolit dalam darah, khususnya sodium.

Sodium berfungsi menyeimbangkan cairan baik di dalam maupun di luar sel. Ketika kadar sodium dalam darah jatuh dibawah 135 mmol/L, inilah yang disebut dengan hyponatremia.

Dalam kondisi ini, cairan yang seharusnya mengalir di luar sel akan berpindah menuju bagian dalam sel menyebabkan pembengkakan. Ketika hal ini terjadi pada sel otak, dapat mengakibatkan kondisi yang membahayakan nyawa.

Hyponatremia biasanya diawali dengan peningkatan tekanan akibat sel otak yang membengkak tadi. Gejala yang ditunjukan dari pembengkakan otak antara lain:

1. Sakit kepala
2. Mual-mual
3. Muntah-muntah

Dan ketika bertambah parah, akan muncul gejala lanjutan, seperti:

1. Peningkatan tekanan darah
2. Kebingungan
3. Pengelihatan berbayang
4. Rasa kantuk
5. Sulit bernafas
6. Kram otot dan tak bertenaga
7. Otak tidak dapat menerima informasi yang masuk
8. Pada kasus yang berat, intoksikasi air dapat menyebabkan kejang-kejang, kerusakan otak, koma hingga kematian.

Keracunan air ini kerap terjadi dengan kegiatan yang berkaitan dengan olahraga, terlebih pada olahraga yang memakan banyak tenaga dan stamina seperti lari maraton dan sepakbola.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top