Inilah yang Terjadi pada Orang Dewasa yang Terinfeksi Zika – FAJAR health
News Update

Inilah yang Terjadi pada Orang Dewasa yang Terinfeksi Zika

Foto: google image

FAJAR HEALTH – Disaat pemberitaan tentang virus Zika kebanyakan hanya fokus pada efeknya terhadap janin dan yang dilakukannya terhadap bayi yang baru lahir, para peneliti berhasil mengidentifikasi apa yang dapat dilakukan virus tersebut terhadap orang dewasa.

Jika pada bayi, virus Zika dikaitkan dengan kondisi cacat lahir benama microcephaly yang ditandai dengan tidak berkembangnya otak dan ukuran kepala bayi dan Guillain-Barre syndrome yang menyebabkan melemahnya otot tubuh dan dapat menyebabkan kelumpuhan dibeberapa bagian tubuh, pada orang dewasa, infeksi ini menunjukan sedikit perbedaan.

Dilansir WebMD, berdasarkan hasil studi yang dirilis pada Journal of Neurological Sciences akhir Agustus lalu, pada orang dewasa, infeksi Zika diketahui menyerang sensor saraf bernama sensory poluneurophaty.

Kasus ini terjadi pada seorang pria berusia berusia 62 tahun asal Honduras yang terjangkit Zika ketika sedang berpelesir di Venezuela. Gejala yang ditunjukan infeksi Zika pada orang dewasa ini adalah berkurangnya fungsi pergerakan tubuh dan tidak mampu merasakan sesuatu (sensasi), yang diakibatkan dari kerusakan saraf.

Menurut CEO dari World Federation of Neurology’s Work Group, Dr John England, kasus terserangnya sensory polyneuropathy ini merupakan yang pertamakalinya terjadi terkait dengan infeksi Zika.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top