Sindrom Alice in Wonderland, Penyakit Langka yang Menyerang Otak – FAJAR health
News Update

Sindrom Alice in Wonderland, Penyakit Langka yang Menyerang Otak

Foto: Google image

FAJAR HEALTH – Anda pasti tahu film Alice in Wonderland, kisah petualangan sang karakter utama bernama Alice di dunia imajinasi dimana ia beberapa kali menemukan dirinya membesar dan mengecil dalam beberapa adegan di dalam film tersebut.

Namun tahukah anda, di dunia ini ada sebuah penyakit yang namanya diambil dari film adaptasi buku klasik milik Lewis Caroll tersebut?

Dilansir Medical News Today, penyakit yang diberi nama nama Sindrom Alice in Wonderland (SAIW), penyakit yang menyerang fungsi otak ini merubah persepsi penderitanya tentang ukuran, baik ukuran benda di sekitarnya maupun dirinya sendiri.

Juga dikenal sebagai Todd’s syndrome atau lilliputian hallucinations, penderita SAIW dapat merasakan perubahan pada tubuhnya yang membesar yang membuat benda di sekelilingnya mengecil. Sebaliknya ketika benda di sekelilingnya terlihat besar, si penderita akan merasa sangat kecil.

Gejala gangguan otak ini seringkali terjadi pada malam hari. Sebuah laporan yang dirilis pada Journal of Pediatric Neuroscience menjelaskan bagaimana seorang anak laki-laki berusia 6 tahun mulai mengalami gangguan persepsi ini ketika dirinya berada dalam ruangan gelap tidak kurang dari 15 menit.

Meski hingga saat ini penyebab utama terjadinya SAIW belum juga ditemukan, beberapa kondisi seperti epilepsi, tumor otak, virus Epstein-barr dan penggunaan obat-obatan jenis psikoaktif diduga memiliki kaitan dengan kondisi ini.

SAIW sendiri biasanya muncul pada anak-anak dan seringkali hilang begitu saja ketika memasuki usia remaja. Akan tetapi, dalam kasus tertentu, penyakit ini kerap menghantui penderita yang sudah memasuki usia dewasa, hanya saja, frekuensinya tidak sesering yang dialami pada anak-anak.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top