Studi Terbaru Sebut Kelahiran Cesar Berpotensi Sebabkan Obesitas Anak – FAJAR health
News Update

Studi Terbaru Sebut Kelahiran Cesar Berpotensi Sebabkan Obesitas Anak

Foto: medical news today

FAJAR HEALTH – Operasi cesar adalah prosedur operasi yang paling umum dilakukan warga Amerika Serikat dalam proses kelahiran bayi dan setidaknya sepertiga dari proses kelahiran di dunia.

Jika pada studi sebelumnya disebutkan adanya kaitan antara cesar dan resiko gangguan pernapasan pada anak. Namun baru-baru ini, fakta baru menyeruak kepermukaan tentang kaitannya dengan dengan obesitas.

Hal inilah yang coba diungkap Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston, dengan melibatkan partispan dari Growming Up Today Study yang jumlahnya lebih dari dua puluh ribu partisipan.

Berdasarkan hasil studi yang dirilis oleh JAMA Pediatrics, seperti dilansir Medical News Today,  kelahiran cesar berkaitan dengan obesitas pada anak sebesar 15 persen, dibanding mereka yang lahir secara normal.

Akibatnya, anak yang lahir dari proses cesar menghadapi resiko mengalami kegemukan sebesar 64 persen. Sementara pada mereka yang lahir secara normal terhindar dari resiko menjadi gemuk sebesar 31 persen.

Para peneli studi tersebut kemudian berhipotesa bahwa obesitas akibat kelahiran cesar ini berkaitan dengan keberadaan mikrobiota pada saat kelahiran.

Jika pada kelahiran normal, bayi terekspos pada mikrobiota gastrointestinal pada area reproduksi, sementara pada kelahiran cesar, oksposur mikrobiota terbatas melalui sentuhan kulit ibu dan bakteri yang terdapat disekitar ruang operasi, jelas Jorge E. Chavarro, M.D. selaku penulis utama studi tersebut.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top