Keringat pada Tubuh Menggambarkan Bagaimana Kondisi Anda – FAJAR health
News Update

Keringat pada Tubuh Menggambarkan Bagaimana Kondisi Anda

Foto: gratist.com

FAJAR HEALTH – Mengapa tubuh kita mengeluarkan keringat, jawabannya sangat simpel, karena keringat adalah sistem pendingin built-in layaknya pendingin cairan yang digunakan mesin kendaraaan atau CPU komputer.

Keringat biasanya keluar ketika terjadi peningkatan suhu udara, maka sistem saraf akan memberikan perintah pada kelenjar keringat untuk melepaskan cairan, ditandai dengan keluarnya keringat pada kulit, yang kemudian menguap dan mendinginkan tubuh anda.

Tidak hanya karena suhu udara yang memanas, keringat juga keluar pada kesempatan lain, sekaligus menunjukan apa yang sedang dialami tubuh anda. Berikut beberapa alasan mengapa anda berkeringat seperti dilansir prevention.com:

1. Anda sedang stress
Pada mereka yang merasa stress atau tertekan, dapat dilihat dari jumlah keringat yang keluar melalui area ketiak. Cairan yang keluar dari area ini mengandung lemak dan protein yang tercampur dengan bakteri kulit, menyebabkan bau yang kurang mengenakan. Keringat di area ini juga diproduksi tubuh ketika anda dalam keadaan takut juga gelisah.

2. Anda sedang berbahagia atau juga takut
Pada keringat orang yang berbahagia dapat menyebabkan kebahagiaan kepada orang lain yang mencium aroma keringat tersebut. Namun pada keringat orang yang ketakutan, juga dapat menyebarkan aroma ketakutan.

3. Anda beresiko terserang sengatan panas
Ketidakmampuan tubuh menghasilkan keringat adalah sesuatu yang membahayakan, karena itu berarti, tubuh tidak mampu mendinginkan tubuh disaat terjadi kenaikan temperatur. Jika kondisi ini terus berlanjut, anda beresiko terkena penyakit yang disebabkan udara panas seperti kelelahan hingga sengatan panas.

4. Anda kekurangan gula darah
Normalnya, tekanan gula darah berada diangka 70 hingga 100 miligram per desiliter. Namun jika berada dibawah angka 70, baik karena diabetes atau karena olahraga berat, anda akan mulai merasakan efeknya. Salah satunya adalah keringat yang berlebihan, atau kedinginan atau kulit menjadi lembab, terlebih dibagian belakang rambut.

5. Anda penderita hyperhidrosis
Penderita hyperhidrosis tidak membutuhkan alasan untuk berkeringat. Jika pada orang normal, keringat muncul akibat beberapa sebab di atas, pada penderita hyperhidrosis, keringat dapat mengalir begitu saja melalui tangan atau kaki, meski berada pada ruangan ber-AC dan hanya duduk terdiam.

6. Anda hamil atau memasuki masa menopause
Menurut data yang ada, sekitar 85 persen wanita pada masa menopause berkeringat lebih dari biasanya, sama halnya dengan pada wanita hamil. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormonal yang menggangu “termostat” otak, membuat seolah anda sedang kepanasan dan memicu kelenjar keringat untuk melepaskan cairan pendinginnya, meski anda sedang berada di ruangan ber-AC sekalipun.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top