Terlalu Banyak Insulin dan Kaitannya dengan Obesitas hingga Kanker – FAJAR health
News Update

Terlalu Banyak Insulin dan Kaitannya dengan Obesitas hingga Kanker

Foto: webmd.com

FAJAR HEALTH – Insulin merupakan hormon yang sangat penting bagi tubuh atas fungsinya yang memungkinkan penyerapan gula pada darah untuk diolah menjadi energi. Namun perlu diketahui, terlalu banyak insulin dapat menyebabkan masalah kesehatan tersendiri.

Ketika kadar insulin terlalu tinggi, juga dikenal dengan istilah hyperinsulinemia, dapat menjadi salah satu penyebab dari obesitas, penyakit jantung hingga kanker.

Tidak hanya itu, kelebihan hormon yang satu ini juga dapat mengakibatkan resitensi insulin. Ketika sudah dalam tahap ini, maka pankreas akan memproduksi lebih banyak lagi insulin, yang terjadi secara terus menerus.

Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menurunkan kadar insulin seperti dilansir Authority Nutrition:

1. Kurangi asupan karbohidrat
Dari tiga makronutrisi yang ada, karbohidrat, protein dan lemak, karbohidrat adalah yang paling bertanggungjawab atas kadar gula darah dan insulin. Untuk alasan ini, diet rendah karbohidrat sangat efektif dalam meningkatkan sensitifitas insulin sekaligus mengurangi kadar insulin pada mereka penderita obesitas, sindrom metabolik dan PCOS.

2. Hindari segala jenis gula
Gula adalah salah satu unsur dalam makanan yang harus anda hindari. Asupan yang tinggi akan gula, apapun bentuknya, diketahui sebagai penyebab dari meningkatnya kadar insulin dan mendorong resistensi insulin.

3. Olahraga secara reguler
Olahraga fisik secara reguler memberikan dampak yang paling efektif dalam menurunkan kadar insulin. Aerobik adalah yang paling disarankan untuk mendorong peningkatan sensitifitas insulin bagi mereka penderita obesitas dengan diabetes tipe-2.

4. Konsumsi kayu manis
Kayu manis diyakini kaya akan kandungan antioksidan yang baik dalam memerangi sel jahat dalam tubuh. Menambahkan kayu manis pada makanan atau minuman, menurut beberapa studi, dapat menurunkan kadar insulin dan meningkatkan resistensi insulin.

5. Hindari berdiam-diri
Untuk menurunkan kadar insulin, sangat penting untuk selalu aktif. Dengan menghindari terlalu banyak duduk dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan berjalan kaki atau melakukan akfititas fisik sedang, efektif dalam mengurangi kadar insulin anda.

6. Tingkatkan asupan serat
Serat memiliki khasiat seperti membantu mengurangi berat badan dan mengurangi kadar gula dalam darah. Konsumsi serat telah menunjukan efek yang positif terhadap penurunan kadar insulin sekaligus meningkatkan sensitifitas insulin, khususnya pada mereka penderita diabetes tipe-2.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top