Warning! Jangan Sepelekan Tahi Lalat Baru, Ciri-ciri Kanker Kulit – FAJAR health
Warning

Warning! Jangan Sepelekan Tahi Lalat Baru, Ciri-ciri Kanker Kulit

Foto: eastcoastdaily.com

FAJAR HEALTH – Menurut data yang dimiliki American Skin Cancer Society, 1 dari 5 orang berpotensi terkena kanker kulit. Di Amerika Serikat saja, lebih dari 5,4 juta kasus kanker kulit non-melanoma di obati setiap tahunnya.

Dilansir prevention.com, Kanker kulit non-melanoma sendiri berkaitan dengan kontak langsung antara kulit dengan sinar matahari. Karenanya, penting untuk tetap terhindar dari sinar ultra violet dengan menggunakan tabir surya atau pakaian UPF ketika beraktifitas di luar.

Sayangnya, kebanyakan orang kerap mengabaikan perubahan pada kulit mereka, ini bisa jadi karena kurangnya pengetahuan soal kanker kulit itu sendiri atau memang cuek sama sekali. Padahal, apa yang mereka lihat bisa saja merupakan sel kanker yang sedang berkembang di atas permukaan kulit.

Berikut ciri-ciri kanker kulit yang perlu anda ketahui:

1. Tahi lalat berukuran lebih dari 6mm
Tahi lalat pada kulit umumnya hal yang wajar, namun jika muncul tahi lalat baru dengan ukuran 6mm ini yang berbahaya, karena bisa menjadi pertanda dari melanoma, kanker kulit yang paling berbahaya. Tanda lain dari kanker kulit lainnya adalah tahi lalat anda mulai berkembang. Jangan tunggu lagi untuk membuat janji dengan dermatologis.

2. Tahi lalat dengan bentuk pinggiran yang aneh
Tahi lalat non-kanker biasanya berukuran simetris dengan pinggiran yang halus. Jika tahi lalat baru anda tidak terlihat simetris atau tanpa bentuk yang jelas, atau juga dengan pinggiran yang aneh, segera temui dokter, terlbih disaat tahi lalat baru anda ini menunjukan pinggiran yang samar dan membaur dengan warna kulit anda.

3. Tahi lalat dengan warna tidak aneh
Tahi lalat umumnya berawarna coklat dan tan atau terkadang agal nge-pink pada bebebera. Jika tahi lalat anda berwarna hitam, merah putih atau biru, tidak ada alasan lagi untuk tidak menemui dokter.

4. Benjolan kecil seperti kutil
Jika pada kulit anda terlihat adanya benjolan seukuran 6mm dan tidak menghilang dalam 6 minggu, dan bahkan mengeluarkan darah, maka wajib untuk diperiksakan. Biasanya muncul didaerah wajah dan leher.

5. Tahi lalat yang terlihat bersisik
Terkadang hanya sekedar kulit yang kering, namun ketika ukurannya sebesar 6mm dan tidak juga hilang dalam waktu 6 minggu, bisa menjadi pertanda dari basal cell carcinoma, yang merupakan salah satu kanker kulit ganas.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top