Terkena “Pink Eye”, bisa Jadi Tanda-tanda Infeksi Zika – FAJAR health
News Update

Terkena “Pink Eye”, bisa Jadi Tanda-tanda Infeksi Zika

Photo Source: nethealthbook.com

FAJAR HEALTH – Menurut hasil studi terbaru, orang dengan virus Zika kini dapat dideteksi tanpa bantuan alat pemindai. Dilansir WebMD, mereka yang terinfeksi Zika dapat diidentifikasi melalui cairan pada bagian dalam kelopak mata dan bagian terluar mata.

Dari temuan hasil studi China itu, diketahui bahwa pada mereka yang terinfeksi Zika juga menunjukan gejala conjunctivitis, atau gangguan infeksi mata yang dikenal dengan nama “pink eye”.

Disebutkan dalam laporan tersebut, munculnya kekhawatiran terhadap potensi ancaman penyebaran virus Zika melalui transplantasi kornea mata. Sebagaimana yang tertulis dalam jurnal JAMA Ophthalmology.

Menurut para peneliti Center for Disease Control and Prevention dari Guangzhou itu, gejala pink eye ini juga ditemukan pada bayi yang terlahir dengan microcephaly atau pengecilan volume kepala akibat Zika.

Hal ini terungkap berkat sampel yang mereka kumpulkan dari pelancong asal China yang positif terinfeksi Zika sekembalinya dari Venezuela beberapa bulan lalu.

Temuan ini sekaligus menambahkan data penting bagi dunia medis terkait penyakit yang tersebar melalui nyamuk Aedes Aegypti yang sebelumnya dikabarkan dapat terdeteksi melalui urine, semen, liur dan ASI itu.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top