Depresi Saat Hamil Berpotensi Sebabkan Diabetes, Tidak Hanya Itu… – FAJAR health
Warning

Depresi Saat Hamil Berpotensi Sebabkan Diabetes, Tidak Hanya Itu…

Photo source: PPDA.CA

FAJAR HEALTH – Studi terbaru yang dilakukan oleh National Institutes of Health berhasil mengungkapkan adanya kaitan antara depresi di awal kandungan ibu hamil (bumil) dengan diabetes gestasional.

Diabtes gestasional sendiri adalah tipe diabetes yang menyerang bumil dan dapat terjadi pada wanita yang sebelumnya tidak mengidap diabetes. Parahnya, kondisi ini dapat diturunkan dari bumil kepada anak.

Dilansir Medical News Today (20/9/201), diabetes gestasional cenderung terbentuk ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-24 dan setidaknya telah mempengaruhi 9,2 persen kehamilan yang ada.

Akibat dari diabetes gestasional, pakreas sang ibu mengalami kesulitan untuk memproduksi jumlah insulin yang cukup guna menurunkan kadar glukosa dalam darah. Kondisi berlebihnya pasokan glukosa ini kemudian dibawa menunju plasenta, menyebabkan meningkatnya jumlah glukosa yang diasup bayi

Sebagai gantinya, pankreas sang bayi kemudian memproduksi jumlah insulin yang juga berlebihan, lantaran menerima terlalu banyak energi dari yang dibutuhkan, energi ini kemudian disimpan dalam bentuk lemak.

Kondisi inilah yang kemudian disebut dengan macrosomia atau bayi gemuk yang terancam terkena berbagai macam jenis masalah kesehatan seperti sulit bernafas, obesitas atau terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top