Sindrom Tangan Alien, Penyakit Langka yang Membahayakan Penderitanya – FAJAR health
News Update

Sindrom Tangan Alien, Penyakit Langka yang Membahayakan Penderitanya

Photo source: youtube

FAJAR HEALTH – Jika sebelum-sebelumnya sudah dibahas beberapa penyakit langka seperti sindrom mayat hidup, sindrom Alice in Wonderland dan sindrom manusia batu, artikel kali ini akan membahas soal penyakit langka lainnya bernama “sindrom tangan alien”.

Dilansir Medical News Today, sindrom tangan alien (STA) adalah gangguan fungsi motorik tubuh yang langka. Penyakit ini dapat menyebabkan si penderita menggerakan tangannya sendiri di luar kendalinya.

Contohnya, pada seseorang dengan STA sedang mengancingkan kemejanya dengan salah satu tangan, sementara tangan lainnya malah membuka kancing tersebut dan dilakukan tanpa ia sadari.

Sesekali, tidak hanya tangannya yang bergerak tanpa ia sadari, namun hal itu juga dapat terjadi pada salah satu kakinya, kondisi yang dikenal dengan sebutan fenomena kaki alien.

Tangan alien ini bahkan dapat bertindak agresif, seperti yang pernah dilaporkan dalam beberapa kasus dimana penderita STA terlihat memukuli dan menampar dirinya sendiri, pada kasus lain terdapat juga kasus pencekikan.

Dalam kasus yang disebutkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry di tahun 1998, seorang wanita berusia 81 tahun mengidap penyakit langka ini. Tangan kirinya kerap memukulinya dan mencoba mencekik lehernya.

Hasil pemindaian otak kemudian menunjukan bahwa mereka dengan kondisi  STA tersebut disebabkan oleh luka yang terjadi pada bagian otak yang berkaitan dengan kontrol motorik, perencanaan dan relay sensor, termasuk corpus callosum, otak bagian depan dan pusat persepsi visual.

Luka otak ini diperkirakan terjadi akibat serangan stroke yang juga bisa dipicu oleh Alzheimer, tumor otak dan kejang-kejang. Beberapa jenis operasi otak lainnya juga memungkinkan terpicunya STA.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top