Terlalu Banyak Garam Buruk untuk Kesehatan, Benarkah? – FAJAR health
News Update

Terlalu Banyak Garam Buruk untuk Kesehatan, Benarkah?

Photo Source: naturallyintense.net

FAJAR HEALTH – Garam atau sodium seringkali mendapat cap negatif sebagai penyebab naiknya tekanan darah dan meningkatkan resiko seseorang menderita penyakit jantung dan terserang stroke.

Pada kenyataannya, garam adalah elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan, otot dan saraf agar berfungsi secara sebagaimana semestinya.

Sebelumnya, US Dietary Guidelines menyarankan pembatasan konsumsi sodium menjadi 2,3 gram setiap harinya bagi orang dewasa. Rekomendasi serupa juga sudah diterapkan lainnya dalam beberapa dekade terakhir.

Akan tetapi, penelitian terbaru menyebutkan bahwa mengkonsumsi 2,3 gram sehari tidaklah menguntungkan siapapun, justru dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi beberapa orang.

Dari beberapa studi ditemukan bahwa kurangnya asupan garam dapat menyebabkan sesitivitas insulin dan meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida pada mereka yang sehat.

Lebih lagi, beberapa studi observasi yang melibatkan 130 ribu partisipan, ditemukan bahwa bahwa pembatasan asupan garam memiliki kaitan dengan meningkatnya resiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Kesimpulan yang bisa dipetik adalah, pembatasan asupan garam tidak bisa disamaratakan, karena efeknya bervariasi dan sangat tergantung daripada kondisi masing-masing individu.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top