Bangun Tidur Cekat-Cekot, Berikut Penjelasannya – FAJAR health
News Update

Bangun Tidur Cekat-Cekot, Berikut Penjelasannya

Photo source: farmingtonlibraries.org

FAJAR HEALTH – Anda mungkin pernah merasakan letih yang berlebihan usai bangun tidur, padahal kondisi anda sebelumnya baik-baik saja.

Lalu apa yang salah? Ternyata, disaat kita terlelap, tubuh secara alami menekan inflamasi yang kemudian menghasilkan rasa sakit ketika kita terbangun. Penjelasan ini diungkap studi yang dilakukan oleh University of Manchester seperti dilansir WebMD (21/9/2016).

Studi yang diujicobakan pada manusia dan tikus lab ini menunjukan bahwa mereka dengan masalah persendian atau rheumatoid arthritis (RA) biasanya yang merasakan efek terburuknya.

Lalu apa jawaban dari masalah ini? Studi yang dirilis pada Federation of American Societies for Experimental Biology itu menjelaskan bahwa satu-satunya jawaban atas permasalahan itu saat ini adalah dengan pola tidur teratur.

Hal ini terkait dengan ritme sirkadian atau jam internal tubuh yang mengingatkan kita kapan harus tidur dan kapan kita harus terbangun. “Secara umum memiliki ritme sirkadian yang sehat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh,” jelas penulis studi Julie Gibbs, Ph.D.

Itu artinya, bagi anda yang memiliki kondisi di atas, yang perlu anda lakukan adalah dengan menjaga pola tidur normal. Pastikan bahwa waktu tidur dan bangun normal anda lakukan secara konsisten.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top