Penjelasan Mengapa Stress bikin Orang Jatuh Sakit – FAJAR health
News Update

Penjelasan Mengapa Stress bikin Orang Jatuh Sakit

FAJAR HEALTH – Belakangan ini mungkin anda sering mendengar tentang lemak “baik” dan “jahat”. Sebuah studi terbaru menunjukan bahwa stress yang dialami oleh seseorang dapat “membunuh” manfaat positif dari lemak baik yang dikonsumsi.

“Ada banyak bukti yang menunjukan bahwa stress itu benar-benar memberi efek,” kata penulis utama studi Jan Kiecolt-Glaser yang juga professor of psychiatry and psychology di Ohio State University, Amerika Serikat seperti dikutip dari Medical News Today.

Menurut dia, studi ini merupakan yang pertamakali menunjukan bagaimana stress dapat memberi pengaruh terhadap manfaat mengkonsumsi lemak baik, sebagaimana yang disebut dalam studi yang dirilis pada jurnal Molecular Psychiatry itu.

Mengkonsumsi lemak baik, seperti yang dapat ditemukan pada ikan, minyak sayur dan jenis kacang-kacangan, jika menurut American Heart Association (AHA) adalah hal yang krusial, karena, lemak baik menyediakan sumber energi yang dibutuhkan dan membantu pertumbuhan sel pada tubuh, selain melindungi organ dan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Prof. Kiecolt-Glaser and tim yang terlibat dalam studi ini juga menunjukan adanya kaitan antara stress dan penyebab inflamasi, yang memiliki kaitan dengan penyakit jantung, diabetes dan penyakit persendian.

Temuan ini menunjukan bahwa stress adalah hal yang merugikan, tidak hanya merusak seseorang secara mental namun juga menggerogoti kesehatan seseorang secara fisik. Karenanya, bijak mensiasati diri agar terhindar dari stress adalah salah satu cara pintar untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih  baik.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top