Penyakit Langka Ini bikin Penderitanya gak Boleh Kena Air – FAJAR health
News Update

Penyakit Langka Ini bikin Penderitanya gak Boleh Kena Air

Photo source: rwpike.blogspot.com

FAJAR HEALTH – Seperti diketahui bahwa 60 persen dari tubuh manusia terdiri dari air, jadi rasa-rasanya aneh jika orang yang memiliki alergi terhadap air. Namun pada kenyataannya, hal tersebut benar-benar ada.

Dilansir Medical News Today, kondisi penyakit langka ini dinamakan aquagenic urticaria. Mereka yang menderita penyakit ini akan merasakan gatal-gatal begitu melakukan kontak dengan air, biasanya terjadi di sekitar leher, tangan dan area di atas panggul.

Itu artinya, mereka yang menderita aquagenic urticaria tidak dapat melakukan sejumlah aktifitas yang normal dilakukan orang pada umumnya, termasuk mandi, berenang atau hujan-hujanan.

Yang parahnya lagi, pada beberapa penderita yang meneteskan air matanya pun dapat memicu terjadinya gatal-gatal di area wajah. Pada kasus langka, meminum air putih pun dapat memicu terjadinya reaksi alergi.

Tidak ada data yang spesifik tentang berapa jumlah penderita penyakit langka yang satu ini, namun beberapa studi menunjukan bahwa aquagenic urticaria lebih umum terjadi pada wanita ketimbang pria dan biasanya muncul ketika memasuki masa puber atau setelahnya.

Penyakit langka ini menambah deretan penyakit langka lainnya seperti sindrom mayat hidup, sindrom Alice in Wonderland, sindrom manusia batu dan sindrom tangan alien.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top