Gak Punya Waktu untuk Olahraga, Fidgeting Aja! – FAJAR health
Fitness

Gak Punya Waktu untuk Olahraga, Fidgeting Aja!

Photo source: huffingtonpost.com

FAJAR HEALTH – Tahukah anda, fidgeting atau melakukan gerakan pada kaki atau tangan di saat anda gelisah, bosan atau bingung ternyata memiliki manfaat kesehatan tersendiri lho!

Bagi anda yang sibuk duduk seharian di kantor dan hampir tidak punya waktu untuk berolahraga, artikel ini mungkin dapat membuat anda setidaknya bersemangat untuk melakukan gerakan kecil di sela-sela kesibukan anda.

Simak beberapa manfaat fidgeting seperti dilansir prevention.com berikut ini:

1. Melancarkan pembuluh darah
Duduk seharian di meja kerja tidak memberikan manfaat apa-apa terhadap kesehatan anda. Peneliti dari University of Missouri yang melakukan penelitan tentang aktifitas fisik seperti apa yang dapat memberikan counter-effect terhadap aktifitas kerja menemukan bahwa fidgeting sangatlah bermanfaat.

Manfaat yang dimaksud adalah ketika seseorang melakukan gerakan seperti menggoyang-goyangkan kaki atau apa pun gerakan lain dalam beberapa menit, dapat membantu tubuh melancarkan peredaran dan fungsi pembuluh darah yang kerap terganggu ketika seseorang terlalu lama dalam posisi duduk.

2. Dapat membakar kalori
Selain melancarkan peredaran darah, fidgeting juga ternyata mampu membakar kalori tubuh. Dari studi kecil yang dilakukan Mayo Clinic yang melibatkan 10 partisipan dengan masalah berat badan dan 10 pastisipan lainnya dengan berat normal, menunjukan bahwa dengan gerakan fidgeting anda dapat memangkas setidaknya 350 kalori atau lebih dalam satu harinya.

3. Menurunkan resiko seseorang meninggal akibat terlalu banyak duduk
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, menghabiskan waktu dengan terlalu banyak duduk dapat meningkatkan resiko seseorang terkena gangguan sensitifitas insulin, diabetes, penyakit kardiovaskular dan beberapa penyakit penyebab kematian lainnya.

Dengan fidgeting, resiko ini bisa anda hindari. Berdasarkan analisa yang dilakukan oleh University College London, Inggris dari 12.800 partisipan, menunjukan bahwa angka kematian akibat terlalu lama duduk (sekitar 7 jam per hari) hanya terjadi pada mereka yang jarang atau tidak sama sekali melakukan fidgeting. Mereka yang masuk dalam kategori sering atau cukup sering melakukan fidgeting memiliki resiko yang rendah.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top