Sudah Tahu Manfaat Main Video Game bagi Perkembangan Anak? – FAJAR health
News Update

Sudah Tahu Manfaat Main Video Game bagi Perkembangan Anak?

Photo: Makruf/Fajar Health

FAJAR HEALTH – Sebuah studi mengindikasikan bahwa bermain video game dalam waktu terbatas setiap minggunya dapat memberikan manfaat terhadap anak, namun sebaliknya, jika berlebihan dapat merugikan anak itu sendiri.

Manfaat dan resiko kerugian dari video game sendiri masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Karenanya, studi yang dirilis pada jurnal Annals of Neurology ini mencoba menjawab polemik berkepanjangan ini dengan melibatkan 2.442 anak berusia 7 hingga 11 tahun untuk mendapatkan jawabannya.

Studi yang dilakukan oleh Dr. Jesus Pujol dan rekan dari RS. del Mar, Spanyol ini menemukan bahwa satu jam aktifitas bermain video game berkaitan dengan kemampuan motorik dan peningkatan nilai di sekolah, namun tidak ditemukan adanya manfaat pada mereka yang bermain video game lebih dari 2 jam setiap minggunya.

Tim peneliti RS. del Mar juga menemukan bahwa bermain video game sepanjang minggu berkaitan dengan masalah prilaku, konflik antar individu dan mengurangi kemampuannya bersosialisasi dengan masyarakat. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang bermain game lebih dari 9 jam setiap minggunya.

“Bermain video game sebenarnya tidaklah baik atau buruk, namun berapa lama dimainkannya itu yang membuatnya buruk,” kata Dr Pujol seperti dilansir ScienceDaily.com.

Lalu bagaimana bermain video game dalam waktu yang dianjurkan dapat memberikan manfaat terhadap anak itu sendiri?

“Bermain game memiliki kaitan dengan fungsi sirkuit otak yang baik untuk proses belajar berdasar pada skill baru yang didapat melalui praktek.

Umumnya anak mempelajari gerak motorik melalui aksi atau perbuatan, contohnya seperti olahraga dan permainan outdoor. Menurut saran dari riset Neuroimaging, berlatih melalui dunia virtual juga dapat memodulasi sistem kemampuan otak yang mendukung pembelajaran skill motorik,” tuturnya.(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top