Yang Perlu Anda Ketahui tentang Penyakit Lupus – FAJAR health
News Update

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Penyakit Lupus

Photo source: webMD.com

FAJAR HEALTH – Lupus, kedengarannya seperti judul novel remaja karangan Hilman Hariwijaya yang populer di era 80 dan 90an yang juga sukses di konversi dalam format layar lebar kala itu.

Di dunia kesehatan, lupus adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh serangan sistem kekebalan tubuh pada organ tubuh yang sehat. Hingga kini, penyakit auto imune itu belum juga ditemukan obatnya.

Seperti halnya kanker, lupus dapat menyerang organ apa pun di dalam tubuh. Dan kerena gejalanya sangat bervariasi, penyakit ini sangat sulit untuk didiagnosa.

Parahnya lagi, tidak ada diagnosa yang khusus untuk mendeteksi penyakit ini, pihak medis pun harus melewati banyak proses seperti mengambil sampel dan melakukan tes pada darah dan urine sebelum mengambil konklusi.

Dilansir goodlifeawareness.com, saking sulitnya dikenali, terkadang penyakit ini butuh berbulan-bulan hingga tahunan untuk baru dapat terdekteksi. Sementara 9 dari 10 penderitanya adalah wanita dari usia 15 hingga 40 tahun.

Belum diketahui secara pasti penyebabnya, lupus diperkirakan terjadi akibat perpaduan beberapa sebab seperti genetik, hormon dan faktor lingkungan (sinar ultraviolet). Rokok dan penggunaan alat kontrasepsi mengandung estrogen diketahui dapat memicu penyakit bernama lengkap lupus erythematosus itu.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit auto imune ini tergantung dari organ yang terekspos. Kebanyakan dari penderita lupus melaporkan rasa kaku pada persendian, mudah lelah, rambut menipis, gangguan kulit (gatal-gatal) dan daya ingat yang lemah

Penyakit ini biasa diikuti dengan pembengkakan disekitar paru-paru, menyebabkan rasa sakit ketika bernapas. Ginjal juga kerap menjadi sasaran lupus, gejalanya juga dapat berpindah pada bagian tubuh lain.

Jika kondisi ini semakin memburuk, penderita lupus dapat bertindak di luar dari kebiasaannya. Contohnya, penderitanya dapat mengalami halusinasi dan menjadi pelupa. Saking lupanya, mereka tidak dapat mengenali dirinya sendiri, lebih dari itu, semua ingatan yang ada di dalam otak, dapat terancam keberadaannya.

Lantaran belum ada obatnya, dokter biasanya akan memberikan perawatan pada gejala yang muncul saja (seperti rasa gatal dan rasa sakit) serta mengatasi penyakit ini dengan menekan sistem imune. Namun perlu diketahui, penyakit ini bukanlah penyakit yang mematikan, mereka dengan lupus dapat hidup dengan normal seperti orang pada umumnya.(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top