Arti Morning Sickness pada Ibu Hamil – FAJAR health
Mom & Kids

Arti Morning Sickness pada Ibu Hamil

Photo source: citizensreport.org

FAJAR HEALTH – Morning sickness atau gejala mual-mual atau muntah di awal kehamilan ternyata bukan tanpa sebab. Sebuah studi terbaru menunjukan bahwa gejala ini menjelaskan kondisi kehamilan sang ibu dan bayinya.

Kendati morning sickness bukanlah hal yang menyenangkan bagi sang ibu, namun ternyata kondisi ini menunjukan tanda-tanda kehamilan yang sehat.

Kendati dinamai morning sickness, gejala ini tidak berarti hanya terjadi di pagi hari, morning sickness juga dapat terjadi kapan saja sepanjang hari dan yang pasti bukanlah pengalaman yang menyenangkan bagi sang ibu.

Sekitar 50 persen wanita hamil akan mengalami gejala mual-mual, sementara setangahnya mengalami muntah-muntah. Ada juga gejala langka lainnya dari morning sickness yang memerlukan perawatan medis. Ini hanya terjadi pada 1 dari 100 kehamilan.

Pada umumnya, morning sicknes akan berkurang ketika kehamilan memasuki usia 4 bulan, namun pada beberapa ibu hamil, morning sicknes dapat terjadi sepanjangn kehamilan.

Kendati penyebab utamanya masih diperdebatkan hingaa kini, namun perubahan hormonal pada minggu ke-12 kehamilan diperkirakan menjadi biang keladinya. Fluktuasi estrogen, progesterone dan human chorionic gonadotropin atau hormon peptida diduga ikut berperan.(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top