Perangi Penyakit Mematikan, Mark Zuckerberg dan Istri Siapkan Dana 39 Triliun – FAJAR health
News Update

Perangi Penyakit Mematikan, Mark Zuckerberg dan Istri Siapkan Dana 39 Triliun

FAJAR HEALTH – Belum lama ini, raksasa teknologi Microsoft mengumumkan rencana memberantas penyakit kanker dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence atau AI.

Tak lama, Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan umumkan dana sebesar $3 miliar atau setara Rp 39 triliun untuk mewujudkan impian tersebut.

Dana ini akan didistribusikan oleh Chan Zuckerberg Initiative yang memiliki tiga tujuan utama yakni menyatukan ilmuwan dan insinyur untuk bekerjasama membangun teknologi penelitian dan memperbesar skala penelitian untuk mendanai proyek yang lebih mendunia.

Seperti dilansir Alphr.com, dalam pernyataan awalnya, pasangan tersebut akan mengawali investasi awal dengan mengeluarkan $600 juta atau sekitar Rp 7,8 triliun untuk pendanaan “Biohub” di University of California. Biohub sendiri adalah organ mini hasil rekayasa biologi yang menggantikan fungsi pankreas manusia yang rusak.

Tujuan dari langkah awal proyek ini adalah untuk mengumpulkan tenaga ahli yang disebutkan di atas dari beberapa universitas terkemuka seperti Standford, Berkeley dan San Fransisco utnuk berkolaborasi dalam menciptakan perangkat medis untuk memerangi “pembunuh” terbesar dunia, penyakit jantung dan kanker.

“Sepanjang sejarah ilmu pengetahuan, kebanyakan dari terorobosan imliah berhasil karena ada peran peralatan dan teknologi baru yang memungkinkan anda melihat dari sisi yang baru. Teleskop membantu kita mengerti astronomi alam semesta, mikroskop membantu kita mengerti sel dan bakteri yang membantu kita mengembangkan perawatan terhadap penyakit menular, sementara mengurut dan mengubah DNA membantu kita dalam melawan kanker dan gangguan genetika,” papar Zuckerberg.

“Dapatkah kita bekerjasama untuk mengobati, mencegah atau mengatasi semua penyakit yang ada? Kami (Priscilla dan Mark) rasa semua itu mungkin, demikian juga para ilmuwan,” sambung Priscilla Chan yang berprofesi sebagai dokter anak.

Adapun harapan lain dari bos Facebook yang merupakan orang terkaya nomor enam dunia itu terhadap pengembangan teknologi yang melibatkan AI ini dapat digunakan untuk melakukan pemetaan otak dalam mengobati penyakit neurologis.

Proyek ini pun mendapat sambutan hangat dari orang terkaya nomor satu dunia yang juga pendiri Microsoft, Bill Gates yang juga hadir dalam acara tersebut.

“Saya yakin kita akan membuat kemajuan hebat dalam memerangi penyakit-penyakit ini dan menyelamatkan jutaan nyawa dan membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik,” ucap Gates.(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top