Terlambat Menjadi Ayah Meningkatkan Resiko Anak Terkena Kanker – FAJAR health
Warning

Terlambat Menjadi Ayah Meningkatkan Resiko Anak Terkena Kanker

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Pada usia berapa seorang ayah memperoleh anak berpengaruh terhadap resiko anak terkena kanker darah dan sistem imune ketika dewasa kelak, khususnya pada anak semata wayang.

Hasil studi tersebut juga menyebutkan bahwa kondisi ini tidak berkaitan dengan usia sang ibu. Temuan ini dirilis pada American Journal of Epidemiology seperti dilansir ScienceDaily.com.

Hal ini terkuak melalui analisa data yang dilakukan oleh peneliti dari American Cancer Society (ACS) terhadap studi berjudul American Cancer Society Cancer Prevention Study-II Nutrition Cohort.

Diketahui bahwa anak yang lahir dari ayah berusia 35 tahun atau lebih memiliki persentase sebesar 63 persen terkena hematologic malignancies, jenis kanker yang tumbuh pada jaringan sel darah, jika dibandingkan dengan anak yang lahir dari ayah di bawah usia 25 tahun.

Karena hal itu juga dikaitkan dengan mereka yang hanya semata wayang dalam keluarganya, hal ini diduga memiliki hubungan dengan hygiene hypothesis (ada kemungkinan terjadi infekesi di masa kanak-kanak).

Para peneliti ACS menyebutkan bahwa penyebab dari terciptanya kanker darah di kemudian hari ini bisa jadi sebagai akibat dari kombinasi antara usia sang ayah dengan kondisi sang anak yang menjadi semata wayang. Bagaimana kaitannya secara pasti masih membutuhkan penelitan yang lebih mendalam.(Fajar Health/ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top