Kemiskinan Picu Penuaan Dini, Benarkah? – FAJAR health
News Update

Kemiskinan Picu Penuaan Dini, Benarkah?

FAJAR HEALTH – Benarkah kemiskinan dapat membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya? Sebuah studi coba menjawab pertanyaan itu.

Dari beberapa kelas yang diklasifikan oleh studi yang dirilis pada American Journal of Preventive Medicine itu, di antaranya adalah mereka yang tidak pernah miskin, miskin sejak awal dan mereka yang memiliki masalah keuangan, ditemukan adanya korelasi.

Dilansir ScienceDaily, penelitian yang dilakukan oleh University of Miami (UM) itu menunjukan bahwa, kemiskinan atau hidup dalam kesusahan dalam kurun waktu lebih dari satu dekade dapat memperburuk fungsi kognitif seseorang dan berkontribusi pada penuaan kognitif.

Penuaan kognifit yang dimaksud adalah menurunnya kemampuan seperti mengingat, menimbang dan memecahkan sebuah masalah yang dapat berimbas pada pekerjaan dan hubungan sosial.

Pada mereka yang mengalami kemiskinan seumur hidupnya menunjukan tanda penuaan kognitif terparah dibanding mereka yang jauh dari kategori miskin. Hasil serupa juga ditunjukan mereka yang memiliki masalah dengan keuangannya.

“Menjaga fungsi kognitif adalah kunci dari hidup sehat. Temuan ini menunjukan hubungan erat antara kesulitan ekonomi dengan penuaan kognitif dan kontribusinya terhadap penuaan dini di antara masyarakat kurang beruntung,” jelas Dr Adina Zeki Al Hazzouri dari divisi epidemiologi UM.(Fajar Health/ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top