Tanaman Kopi Menghadapi Kepunahan? – FAJAR health
News Update

Tanaman Kopi Menghadapi Kepunahan?

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Perubahan iklim kembali mengancam salah satu aspek kehidupan manusia, yakni kopi, sebuah hal yang tidak boleh dianggap remeh.

Dilansir GoodHouseKeeping.com, menurut sebuah laporan yang dirilis oleh organisasi Climate Insititute dari Australia, perubahan iklim yang belakangan terjadi ini dapat mengancam produksi kopi dalam skala besar.

Dalam laporannya, CI menuliskan tiga hal penting yang perlu menjadi perhatian para petani kopi dunia terkait perubahan iklim ini. Berikut isinya:

1. Peningkatan suhu udara yang terjadi di seluruh penjuru dunia saat ini dapat menyebabkan kerusakan lahan berimbas pada penyusutan produksi kopi sebesar 50 persen.

2. Cuaca yang lebih hangat ini dapat menyebabkan lebih banyak pertumbuhan hama seperti kumbang dan beberapa gangguan lainnya yang dapat merusak tanaman.

3. Merawat tanaman kopi bukan hal mudah, dibutuhkan suhu yang tepat untuk dapat menghasilkan kopi dengan rasa yang terbaik. Perubahan iklim ini berdampak buruk terhadap proses perkembangan tanaman kopi.

Pihak CI sendiri mengaku sedang mencari solusi terbaik untuk menyampaikan temuannya ini kepada para petani kopi dunia. Menanggapi kondisi ini, anggota dewan World Coffee Research, Doug Welsh mengatakan bahwa kemungkinan terburuk bisa saja terjadi.

“Tentunya tidak ada pihak yang ingin melihat tanaman kopi punah, namun kita harus mempersiapkan kemungkinan itu bisa saja terjadi,” ucapnya.

Sekedar mengingatkan, mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat memberikan manfaat tersendiri baik bagi batin maupun secara fisik. Memulai hari dengan aroma kopi yang familiar, dapat memulai hari anda dengan baik.

Kopi juga diketahui dapat melakukan hal yang lebih dari sekedar membuat anda tetap terjaga. Berikut beberapa manfaat kopi dilansir dari Medical News Today yang dapat membantu anda melewati hari yang hambar dan suntuk menjadi lebih menyenangkan dan bergairah:

1. Dapat membakar lemak.
Kandungan kafein yang terdapat kopi diketahui mampu menstimulasi termogenesis, proses dimana suhu tubuh mengalami peningkatan, mengubah konsumsi makan dalam tubuh menjadi energi. Jadi dengan meminum kopi, membantu tubuh dalam membakar lemak sepanjang hari.

2. Menurunkan resiko terkena kanker usus
Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, meminum empat hingga lima cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker usus dan rektum sebesar 15 persen. Namun patut diketahui bahwa meminum kopi bukan berarti anda kebal terhadap kanker, setidaknya mampu mencegahnya.

3. Dapat melindungi liver atau hati
Menurut studi yang dilakukan University of Minnesota, asupan kopi yang tinggi dapat mengurangi resiko terkena hepatocellular carcinoma, salah satu bentuk kanker hati.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top