Masih Berani Pakai Spons Mandi Setelah Baca Ini? – FAJAR health
Beauty

Masih Berani Pakai Spons Mandi Setelah Baca Ini?

Photo source: shefinds.com

FAJAR HEALH – Anda mungkin salah satu yang menggunakan loofah atau spons mandi yang anda gantung di kamari mandi setelah digunakan. Namun pernahkah anda pikirkan kehigienisan loofah yang anda gunakan?

Menurut studi yang dirilis pada Journal Of Clinical Microbiology, disebutkan bahwa spons mandi kerap menjadi tempat berkembang biaknya beberapa spesies bakteri.

Lalu bagaimana pendapat dermatologis terkait penggunaan spons mandi ini?

“Saya tidak menganjurkan penggunaan spons mandi, karena kondisi lembab mempermudah pertumbuhan bakteri dan jamur. Rekomendasi saya adalah gunakan pembersih yang baik dan tangan anda,” kata Dr. Stefanie Williams, dermatologis asal Inggris seperti dilansir GoodHouseKeeping.com.

Namun bagaimana jika seseorang tetap bersikeras menggunakannya?

Menurut direktur Health, Beauty, and Environmental Sciences Lab dari Good Housekeeping Institute Birnur Aral, Ph.D., spons mandi tidak seharusnya digunakan dalam waktu lama.

“Spons mandi akan menjadi berminyak, jadi ganti spons anda ketika sudah mulai menunjukan bau tak enak. Dan yang terpenting, buang jauh-jauh spons anda jika tumbuh jamur,” ujarnya menyarankan.

Intinya, spons mandi tidak didesain untuk penggunaan dalam waktu yang lama. Ganti spons mandi anda setidaknya tiap tiga minggu sekali dan gantung spons mandi anda dimana ia dapat mengering secara sempurna dan hindari tempat lembab.(Fajar Health/ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top