Telat Memiliki Keturunan Tingkatkan Resiko Anak Lahir dengan Gangguan Autistik – FAJAR health
News Update

Telat Memiliki Keturunan Tingkatkan Resiko Anak Lahir dengan Gangguan Autistik

Photo source: Toyourhealth.com

FAJAR HEALTH – Studi terbaru menunjukan bahwa orang tua yang terlambat memiliki keturunan berpotensi memiliki anak dengan gangguan autisme. Hal itu diungkap pada jurnal Evolution, Medicine, and Public Health seperti dilansir GoodHouseKeeping.com (3/10/2016).

Hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Copenhagen Centre for Social Evolution itu menggunakan sampel 1,7 juta populasi Denmark yang lahir antara Januari 1978 hingga Januari 2009 dimana 6,5 persen di antaranya mengalami gangguan tersebut.

Mereka menyimpulkan, bahwa usia orang tua anak, baik ayah maupun ibu memiliki kaitan erat terhadap gangguan yang berpengaruh pada pertumbuhan dan kemampuan anak untuk bersosialisasi dan berkomunikasi itu.

Kendati berkaitan pada autisme, studi tersebut tidak menemukan adanya kaitan antara usia orang tua yang di atas rata-rata dengan potensi kelahiran anak dengan gangguan schizophrenia, yang juga menjadi fokus penelitian tersebut.

Justru, anak yang lahir dari ibu dengan usia terlalu muda memiliki potensi terkena gangguan schizophrenia, gangguan mental yang disebabkan oleh delusi dan halusinasi yang dapat berakibat pada perubahan prilaku seseorang.(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top