Studi: Wajah Berjerawat Perlambat Proses Penuaan – FAJAR health
Beauty

Studi: Wajah Berjerawat Perlambat Proses Penuaan

Photo source: Theodesseyonline.com

FAJAR HEALTH – Jerawat adalah hal yang umum terjadi pada remaja, namun juga pada orang dewasa di berbagai usia. Masalah kulit yang terjadi akibat bakteri bernama Propionibacterium Acne itu kerap membuat kesal.

Dibalik kerugian yang anda dapatkan dari tumbuhnya jerawat di area wajah, ternyata tersimpan manfaat lain. Hal itu diungkap oleh para peneliti dari King’s College London (KCL).

Studi yang dirilis pada Journal of Investigative Dermatology menyebutkan bahwa mereka yang pernah mengalami kondisi wajah berjerawat memiliki telomer yang lebih panjang (bagian terujung dari DNA) pada sel darah putih, yang berguna memperlambat proses penuaan pada seseorang

“Temuan kami menunjukan bahwa kondisi ini memiliki kaitan dengan perbedaan antara telomer mereka yang berjerawat dan dan tidak, yang berarti sel mereka melindungi (wajah) dari penuaan. Dengan melihat pada biopsis kulit, kami mulai dapat mengerti mengenai tanda dari gen terkait dengan hal ini,” jelas penulis utama studi Dr. Simone Riber dermatologis dari Department of Twin Research di KCL.

Fenomena ini telah menjadi perhatian para dermatologis sejak lama. Tanda-tanda penuaan seperti keriput dan penipisan kulit wajah pada mereka dengan masalah jerawat biasanya terjadi lebih lambat dibandingkan mereka yang tidak memiliki masalah kulit ini.

Hal itu, menurut para penelit, diakibatkan oleh peningkatan produksi minyak yang terjadi di area sekitar wajah, meksi tidak tertutup kemungkinan ada faktor pendukung potensial lainnya.

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top