4 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Amandel – FAJAR health
News Update

4 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Amandel

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Anda pasti tahu apa itu amandel. namun pernahkah terpikir oleh anda apa fungsi sepasang gumpalan yang terletak dibelakang indera pengecap itu?

Menurut U.S. National Library of Medicine, amandel adalah bagian dari sistem limfatik yang berfungsi memerangi infeksi. Amandel merupakan lini pertahanan pertama terhadap ancaman kuman seperti virus dan bakteri yang masuk melalui hidung dan mulut.

Selain bertugas menahan penyusup masuk, amandel juga bertugas untuk memberi peringatan kepada sistem kekebalan tubuh untuk menciptakan antobodi ketika situasi dianggap mengancam.

Namun Amandel bukan tanpa kekurangan. Ketika beban kerjanya melebihi ambang batas, amandel dapat menyebakan masalah tersendiri. Berikut gangguan kesehatan yang disebabkan oleh amandel seperti diambil dari Womenshealthmag.com:

1. Tonsilitis
Di luar dari fungsinya, amandel juga dapat akan terserang infeksi, menyebabkan pembengkakan dan iritasi, atau disebut tonsilitis. Tonsilitis biasanya disebabkan oleh alergi, bakteri atau virus seperti streptococcus atau Epstein-Barr.

2. Bau mulut
Manurut National Institutes of Health, setengah penduduk dunia mengalami halitosis atau bau mulut akibat masalah kebersihan mulut dan air liur. Selain itu, bau mulut dapat disebabkan oleh batu amandel atau tonsolith.

Batu amandel ini lambat laun bertumpuk dan membentuk volatile sulphur compounds (VSC) yang bertanggungjawab atas napas anda yang bau. Karena itu, penting untuk rajin menggosok gigi dan menggunakan obat kumur untuk membersihkan amandel dari bekas makanan yang diasup.

3. Sulit menelan makanan dan minuman
Rasa sakit yang muncul ketika mengkonsumsi makanan atau minuman dapat disebabkan oleh batu amandel. Anda dapat menyingkirkan batu amandel yang membandel dengan berkumur menggunakan air garam atau bahkan dengan batuk.

4. Mengorok
Menurut American Academy of Otolaryngology, amandel yang membengkak dapat menyebabkan seseorang mengorok saat terlelap akibat terganggunya sirkulasi udara yang menyebabkan kurangnya pasokan oksigen.

(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top