Kenali 3 Jenis Asam Lemak Omega dan Manfaatnya untuk Kesehatan – FAJAR health
Healthy Foods

Kenali 3 Jenis Asam Lemak Omega dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Photo source: bebrainfit.com

FAJAR HEALTH – Tahukah anda bahwa ada 3 jenis asam lemak omega yang dua diantaranya baik untuk menunjang kesehatan?

Omega-3, -6 menurut dunia kesehatan adalah jenis lemak tak jenuh natural yang penting bagi tubuh lantaran tidak diproduksi oleh tubuh manusia secara alami.

Lalu apa sih manfaat riil dari mengkonsumsi tiga jenis asam lemak omega-3 dan -6 dan bagaimana dengan omega-9? Simak manfaatnya seperti dilansir Prevention.com berikut ini:

1. Omega-3
Dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3, anda tidak hanya dapat meningkatkan produksi lemak baik/sehat atau HDL, namun juga dapat mengurangi resiko kebutaan akibat diabetes.

Asam lemak Omega-3 dapat ditemui pada jenis makanan seperti buah alpukat, jenis ikan seperti salmon, tuna, herring, mackarell atau sarden dan minyak zaitun.

2.Omega-6
Omega jenis ini sangat kaya akan manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol dalam darah meregenerasi sel, dan mengurangi resiko seseorang terkena stroke. Namun mengkonsumsi secara berlebih tanpa diimbangi omega-3 dapat berdampak buruk.

Omega-6 biasanya ditemui pada minyak sayur seperti corn oil, safflowei oil, sesame oil dan kedelai.

3. Omega-9
Berbeda dengan dua jenis omega yang lain, omega-9 dapat diproduksi tubuh secara alami. Jadi, meski tidak mendapatkannya dari asupan makanan, anda tidak akan pernah mengalami apa yang namanya defisiensi.

Kendati demikian, anda tetap dapat merasakan manfaat dari mengkonsumsi omega-9 seperti mengurangi resiko anda terkena diabetes dan gangguan jantung.

Omega-9 dapat anda temukan pada minyak (canola, zaitun, kacang, safflower dan bunga matahari), buah alpukat dan zaitun dan kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, macadamia, kacang tanah, pecan, pistachio dan walnut.(Fajar Health/ ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top