Fakta Miris Dibalik Minuman Berenergi – FAJAR health
News Update

Fakta Miris Dibalik Minuman Berenergi

Photo source: beveragedaily.com

FAJAR HEALTH – Setiap orang punya cara sendiri dalam meningkatkan energinya untuk menghadapi hari yang panjang dan melelahkan.

Ada yang mencarinya dari beberapa cangkir kopi atau makanan manis, sementara lainnya lebih memilih mengkonsumsi minuman berenergi atau energy drink.

Minuman berenergi membuat orang lebih awas dan tetap terjaga, namun pernahkah anda menyadari potensi bahayanya?

“Minuman berenergi bukanlah minuman yang menyehatkan. Pada dasarnya minuman-minuman ini adalah softdrink dengan tambahan kafein,” ungkap pakar diet sekaligus pembicara Dietitians Association of Australia Kate Gudorf yang dilansir Huffington Post Australia.

Dalam energy drink terdapat kafein dalam jumlah yang setara dengan satu cangkir kopi. Namun berbeda dengan kopi, dari 350ml minuman berenergi terkandung setidaknyanya 9-10 sendok teh gula tambahan, itu bukan jumlah yang sedikit.

“Energy drink bukanlah produk yang menyehatkan dan justru dapat menyebabkan masalah kesehatan,” ujar Kate menegaskan.

Senada dengan Kate, pakar diet Robbie Clark menyebutkan bahwa energy drink dapat membahayakan kesehatan dan tidak menyarankan penggunaannya.

“Konsumsi energy drink adalah sesuatu yang tidak saya anjurkan dalam praktek saya. Tidak hanya mengandung terlalu banyak gula dan mid-high kafein, minuman ini juga dapat menyebabkan ketagihan.

Karena minuman-minuman ini menggunakan bahan alami dan vitamin tambahan seolah mereka aman untuk dikonsumi. Menurut saya ini adalah hal yang sangat salah, ada banyak cara yang lebih baik untuk mengoptimalkan energi ketimbang mengkonsumsi minuman energi,” tegas dia.(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top