Punya Masalah dengan Keringat, Ini Tips untuk Anda! – FAJAR health
News Update

Punya Masalah dengan Keringat, Ini Tips untuk Anda!

Photo source: giphy.com

FAJAR HEALTH – Apakah anda merasa malu dengan tubuh anda yang banyak berkeringat? Berkeringat ketika gugup atau memaksakan tubuh berlebih adalah hal yang wajar.

Namun, ketika anda terlalu mudah berkeringat di saat tidak melakukan apa-apa, bisa jadi anda memiliki kondisi kesehatan yang disebut hiperhidrosis atau keringat berlebih. Tanpa pengobatan, kondisi ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, selain juga menyebabkan gangguan kesehatan kulit.

“Banyak orang dengan keringat berlebih tidak menyadari bahwa kondisi ini dapat disembuhkan,” kata dermatologis Jenny Eileen Murase, MD, FAAD, dari University of California San Francisco (UCSF) Medical Center.

Bagi anda salah satu yang mengalami gangguan ini, dokter Murase menyarankan untuk bertemu dengan dokter kulit terdekat, konsultasikan pengobatan apa yang paling cocok untuk masalah anda.

Namun sebelum anda bertemu dengan dermatologis, tidak ada salahnya mencoba beberapa tips Dr. Murase seperti dilansir ScienceDaily.com berikut ini:

1. Gunakan antiperspiran ketimbang deodoran. Meski deodoran dapat menyamarkan bau badan namun tidak mencegah keringat berlebih. Antiperspiran lebih cocok untuk anda.

2. Selain di ketiak, gunakan antiperspiran di bagian tubuh yang berkeringat seperti di telapak tangan, bagian tubuh belakang dan bagian belakang lutut.

3. Buat catatan tentang kondisi anda, kenali kapan kondisi anda dalam keadaan terburuknya dan apa pemicunya. Dengan begitu kondisi demikian dapat dihindari pada lain kesempatan. Pemicu keringat selain suhu panas juga dapat disebabkan oleh perasaan cemas, makanan tertentu seperti kafein atau makan pedas.

4, Untuk mereka yang mengalami kaki berkeringat, sering-seringlah mengganti kaus kaki atau sepatu. Basah dan lembab dapat menyebabkan bau kaki dan infeksi kulit. Untuk mengatasinya gunakan sepatu dengan bahan kulit dan hindari menggunakan sepatu yang sama dua hari berturut-turut.

Hindari kaus kaki berbahan katun, karena katun menyerap keringat, ini menyebabkan kaus kaki anda bau bukan kepalang. Selain itu, gunakan sandal selagi bisa.

(Fajar Health/ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top