5 Penyebab Benjolan pada Payudara Selain Kanker – FAJAR health
News Update

5 Penyebab Benjolan pada Payudara Selain Kanker

Photo source: livescience.com

FAJAR HEALTH – Menyadari adanya benjolan di payudara pasti sesuatu yang mengejutkan. Namun perlu diketahui, benjolan tidak selalu kanker lho pembaca Fajar Health.

“Benjolan tidak selalu kanker payudara,” kata dokter obgin Sherry Ross, M.D., dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, AS seperti dilansir womenshealthmag.com (14/10/2016).

Menurut penulis buku She-ology yang akan rilis itu, mengenali bagaimana kondisi dan mengenali payudara yang normal itu dapat membantu anda mengindentifikasi sesuatu yang aneh.

Berikut 5 penyebab benjolan payudara selain disebabkan kanker yang perlu anda ketahui:

1. Anda memiliki payudara yang padat
“Payudara terdiri dari jaringan lemak dan jaringan penghubung. Wanita dengan payudara padat memiliki banyak jaringan penghubung di dalamnya dan hanya sedikit memiliki jaringan lemak. Karenanya wanita dengan area dada yang padat dapat merasakan benjolan,” jelas pakar hematologi dan onkologi F. Peddi, M.D., dari UCLA. Kondisi ini dapat ditemukan pada wanita paska menopause.

2. Anda memiliki tumor non kanker
Salah satu penyebab terjadinya benjolan pada payudara adalah fibroadenoma, kata Dr. Ross. Menurut American Cancer Society (ACS), fibroadenoma tumor non kanker yang paling sering terjadi pada mereka di usia 20 dan 30an. Jika dibiarkan terlalu lama, firboadenoma dapat mengganggu bentuk payudara, dokter merekomendasikan pengangkatan melalui operasi.

3. Anda memiliki kista
Perubahan bentuk pada payudara juga dapat disebabkan oleh kista. “Gumpalan pada payudara dapat terjadi sekitar pada 60 wanita,” kata Ross.

Kista biasanya berbentuk bulat berisikan cairan dan dapat berpindah tempat, biasanya terjadi pada mereka di usia 40an.

“Kondisinya dapat diperburuk akibat menstruasi, dapat membaik namun tidak hilang sepenuhnya,” jelas Ross. Untungnya, kista jenis ini masuk dalam kategori jinak dan dapat diatasi dengan membatasi asupan kafein dan nikotin, yang diketahui sebagai pemicunya.

4. Anda mengalami pembekuan darah
Meski jarang terjadi, benjolan pada payudara bisa terjadi akibat dari penyakit Mondor.

“Penderitanya akan merasa benjolan (seperti kabel) di payudaranya. Biasaya muncul diluar atau dibagian bawah puting,” kata Nesochi Okeke-Igbokwe, M.D. dari NYU Langone Medical Center.

Hal ini biasanya akibat dari trauma luka di area dada, olahraga berlebih, atau menggunakan bra yang terlalu ketat. Kabar baiknya, kondisi ini umumnya menghilang dengan sendirinya.

5. Anda sedang haid
Perubahan hormonal biasanya mempengaruhi jaringan lainnya di sekitar payudara, menyebabkan payudara membengkan dan terkadang terasa beda. Menurut National Cancer Institute, benjolan yang terjadi saat siklus bulanan adalah hal yang wajar lantaran banyaknya produksi cairan di daerah payudara akibat perubahan hormonal.

(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top