Studi: Suplemen Kalsium dapat Menyebabkan Gangguan Jantung – FAJAR health
Warning

Studi: Suplemen Kalsium dapat Menyebabkan Gangguan Jantung

Photo source: prevention.com

FAJAR HEALTH – Menurut sebuah studi terbaru, mengkonsumsi kalsium dalam bentuk suplemen dapat menyebabkan gangguan kesehatan, khususnya pada jantung.

Kendati studi ini tidak dapat membuktikan secara gamblang dampaknya terhadap gangguan jantung, namun author studi tersebut berharap agar temuan ini memberikan pandangan lain terhadap konsumsi suplemen.

“Bicara soal konsumsi suplemen vitamin dan mineral, banyak yang menganggap banyak mengkonsumsi kalsium adalah hal yang baik, khususnya suplemen kalsium yang diperuntukan untuk tulang,” kata Dr. Erin Michos seperti dilansir WebMD.

“Studi kami menunjukan bahwa kelebihan kalsium dalam bentuk suplemen dapat membahayakan jantung dan sistem vaskular,” tambah direktur dari Ciccarone Center for the Prevention of Heart Disease itu.

Adapun yang bertanggungjawab atas hal itu, kata Dr. Michos dan rekan adalah terjadinya penumpukan plak di dalam arteri, kondisi yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung.

Hal ini menurut para peneliti, tidak ditemukan pada mereka yang tidak pernah mengkonsumsi suplemen kalsium sebagai asupan tambahan. Jadi, bagi anda yang biasa mengasup suplemen kalsium, pastikan bahwa anda sudah pada dosis yang disarankan.(Fajar Health/ruf)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top