Tidak Diolah dengan Benar, 5 Jenis Makanan Ini Mengancam Nyawa – FAJAR health
Warning

Tidak Diolah dengan Benar, 5 Jenis Makanan Ini Mengancam Nyawa

Photo source: sfreelife.com

FAJAR HEALTH – Tahukah anda bahwa beberapa jenis makanan yang biasa anda santap ternyata kesehariannya ternyata memiliki potensi membahayakan lantaran kandungan zat tertentu yang dimilikinya?

Ketika dikonsumsi tanpa diolah dengan benar, beberapa jenis makanan di bawah ini dapat berakibat serius pada kesehatan, bahkan tidak tanggung-tanggung, dapat menghilangkan nyawa seseorang.

Berikut seperti dilansir TheDailyMeal.com:

1. Singkong
Singkong bukan barang asing di mulut orang Indonesia. Mulai dari singkong goreng, keripik singkong, tape, getuk, klepon hingga kue talam adalah produk yang menggunakan singkong sebagai salah satu bahannya.

Namun tahukah anda jika dimakan dalam keadaan mentah, singkong dapat memiliki kandungan cyanogenic glucosides dapat memicu produksi asam sianida?

2. Ayam
Ayam mungkin adalah jenis makanan yang paling banyak di konsumsi di atas muka bumi ini. Kaya akan protein, namun dapat berakibat berbahaya jika tidak dimasak hingga temperatur 75 derajat Celsius.

Ayam mentah biasanya membawah bakteri salmonela yang dapat menyebabkan diare akut, keram perut, pusing dan muntah-muntah. Kendati tidak membahayakan nyawa, namun berbahaya bagi wanita hamil, anak-anak atau mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang rentan.

3. Lima beans atau kacang Lima
Lima beans diketahui dapat menyebabkan kematian jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Lima bean mentah memiliki kandungan tinggi akan sianida. Karenanya FDA menyarankan untuk merebus jenis kacang ini dengan wadah terbuka, agar gas sianida yang dihasilkan dari rebusan dapat keluar bebas.

4. Ikan fugu
Ikan yang populer di restoran sushi ini sangat mematikan jika salah disajikan. Mengandung tetrodotoxin, ikan fugu setidaknya telah merenggut 23 nyawa dalam kurun tahun 2000 hingga 2009. Hanya chef handal yang diperbolehkan menyajikan menu dengan ikan fugu.

5. Kacang merah
Sebelum mengkonsumsi kacang merah, FDA menyarankan untuk merebusnya selama 30 menit untuk memastikan protein phytohemagglutinin yang berbahaya ketika diasup berlebihan, dapat hancur dalam proses tersebut.

(Fajar Health/ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top