Mengenali Gejala Awal Kanker Ovarium Dapat Menyelamatkan Nyawa Anda – FAJAR health
Warning

Mengenali Gejala Awal Kanker Ovarium Dapat Menyelamatkan Nyawa Anda

Photo source: logodiantrofis.gr

FAJAR HEALTH – Kanker ovarium atau kanker indung telur adalah salah satu jenis kanker yang menakutkan yang pernah ada. Karena sulit terdeteksi, menyebabkan tingginya angka kematian pasien dengan kanker ovarium.

“Kanker ini adalah jenis kanker ginekologi yang paling ditakuti,” kata Dr. Teresa Diaz-Montes dari Lya Segall Ovarian Cancer Institute di Mercy Medical Center, AS seperti dilansir Prevention.com.

Untungnya, penderita kanker ovarium masih dapat terselamatkan, selama gejala awalnya terdeteksi sejak dini. Dari beberapa kasus yang muncul, 20 persen di antaranya dapat diatasi dengan bantuan medis.

Berikut beberapa fakta tentang kanker ovarium yang perlu diketahui diwaspadai:

1. Kunjungi dokter jika muncul gejala
Gejala awal yang ditunjukan penderita kanker ovarium adalah seperti kembung, rasa sakit di area perut atau panggul, susah makan atau mudah merasa kenyang serta kerap keluar masuk kamar mandi.

Beberapa penderita juga menyebutkan gejala lain seperti mudah lelah, konstipasi, rasa sakit saat bercinta dan bengkak di area perut.

2. Resiko kanker ovarium
1 dari 75 wanita akan terkena kanker ovarium, namun sangat jarang terjadi pada wanita usia muda. Menurut Amarican Cancer Society, resiko kanker ini bermula di usia 63 tahun.

3. Pola hidup sehat membantu anda terhindar dari resiko kanker
Wanita yang memiliki berat badan berlebih ( BMI di atas 30) memiliki resiko tinggi terkena kanker ovarium dibandingkan mereka yang memiliki postur ramping.

3. Histori keluarga mempengaruhi resiko anda
Histori kanker dalam keluarga dapat mempengaruhi resiko anda terkena kanker, tidak hanya ovarium, namun juga payudara juga usus besar dan rektal, pastikan dokter ada mengetahui hal ini.

4. Memiliki anak di bawah usia 26 tahun dapat melindungi anda
Memiliki anak di bawah 26 tahun atau memiliki anak lebih dari satu dapat mengurangi resiko anda terkena kanker ini.

5. Memeriksakan kondisi anda ke dokter adalah kunci utama
Jika kanker payudara dapat dideteksi dengan mamogram atau kolonoskopi untuk mendeteksi kanker usus besar dan rektal, kanker ovarium tidak memiliki alat pendeteksi khusus. Terkadang dokter menyarankan untuk melakukan tes darah, ada juga yang menyarankan melakukan pemindaian dengan CT scan di area perut dan panggul, ada juga yang menyarankan sonografi dan MRI.

(Fajar Health/ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top