Mom and Dad, Animasi Populer Ini Berpotensi Ganggu Tumbuh Kembang Buah Hati Anda – FAJAR health
Mom & Kids

Mom and Dad, Animasi Populer Ini Berpotensi Ganggu Tumbuh Kembang Buah Hati Anda

Photo source: youtube

FAJAR HEALTH – Kepopuleran animasi anak berjudul “Peppa Pig” mendapatkan cap negatif dari sejumlah pakar anak dan para orang tua di Amerika Serikat.

Animasi yang belakangan menyedot perhatian anak-anak di dunia berkat desain karakter yang lucu itu dianggap berbahaya terhadap tumbuh kembang anak.

Anggapan ini dilontarkan sejumlah pakar dari Harvard University yang menemukan adanya potensi autisme yang disebabkan oleh tontonan anak yang populer di televisi maupun di channel Youtube itu.

Adapun beberapa masalah yang timbul akibat tontonan ini, menurut para pakar adalah seperti sifat suka melawan, mempertanyakan dan tidak hormat terhadap orang tua.

Dalam salah satu episode yang menjadi sorotan adalah dimana Peppa dan sang adik bernama George menolak untuk membereskan kamar tidurnya, reaksi yang ditunjukan oleh orang tua kedua babi kecil itupun dianggap tidak pantas.

Ayah dan ibu dari Peppa dan George justu membuatnya menjadi sebuah permainan dan berakhir dengan kamar yang semakin berantakan tidu, Peppa, George, Daddy dan Mommy Pig itu juga digambarkan tertawa cekikikan dengan kondisi kamar yang demikian.

Berikut beberapa sifat yang dimiliki oleh Peppa Pig yang dianggap tak patut:
1. Menderita sindrom superioritas
2. Sikap yang tidak pantas
3. Memaksakan ide pikirannya dan mengenyampingkan opini orang lain
4. Tidak sopan
5. Kompetitif (tidak mengerti kata kalah)
6. Tidak punya toleransi
7. Kasar
8. Iri hati
9. Arogan
10. Merasa Bangga

Dilansir justamazingrecipes.com (19/10/2016), beberapa orang tua dibuat kesal akibat anak-anak yang meniru kebiasaan yang ditunjukan Peppa dan George dalam serial TV-nya, beberapa di antaranya juga melarang acara ini untuk ditonton di rumah.

Perlu diketahui, sekitar 80 persen perkembangan otak anak dimulai sejak usia beberapa bulan hingga 3 tahun. Jika terlalu banyak menonton TV, mereka akan dengan mudah meniru prilaku yang dipertontonkan. Dalam hal ini, orang tua wajib memperhatikan konten tontonan anak-anak demi menentukan kelayakannya.(Fajar Health/ ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top