Susu Kecoa, 4 Kali Lebih Sehat dari Susu Sapi, Tertarik? – FAJAR health
Healthy Drink

Susu Kecoa, 4 Kali Lebih Sehat dari Susu Sapi, Tertarik?

Ilustrasi | Photo Source: Pexels

FAJAR HEALTH – kristal protein yang ditemukan pada usus kecoa belum lama ini menjadi perhatian peneliti internasional. Mereka menganggap protein ini sebagai solusi memenuhi populasi manusia di masa depan, lantaran nutrisi yang dikandungnya 4 kali lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

Kebanyakan kecoa sebenarnya tidak menghasilkan susu, namun ada satu jenis kecoa bernama Diploptera punctata, diketahui memproduksinya untuk menyusui bayi-bayi kecoa.

Memerah susu dari kecoa tentunya bukan hal yang mungkin dilakukan, karenanya, sekelompok peneliti yang dikepalai institut Stem Cell Biology and Regenerative Medicine di India sedang berusaha mempelajari genetik yang bertanggujawab memproduksi protein kristal yang ditemukan pada susu kecoa Diploptera punctata dan membuat replikanya.

“Kristal ini adalah makanan yang lengkap, ada protein, lemak dan gula. Jika anda melihat urutan proteinnya, disana ada asam amino esensial yang lengkap,” kata salah satu peneliti, Sanchari Banerjee.

Namun per diketahui, susu kecoa ini, kata pemimpin studi Subramanian Ramaswamy, bukanlah diperuntukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Susu kecoa ini, lanjutnya, adalah untuk mereka yang memiliki masalah dengan asupan kalori harian.

“Kandungan proteinnya sangat stabil. Cocok sebegai suplemen,” kata Ramaswamy yang merilis penelitiannya pada jurnal International Union of Crystallography.

Ramaswamy dan rekan kini sedang melakukan serangkaian percobaan dan berharap dapat membuat ragi untuk memproduksi kristal protein dalam jumlah yang lebih besar, menjadikannya lebih efisien dan tentunya tidak sejijik dibandingkan memerah susu langsung dari badan kecoa.

Anda tertarik mengkonsumsinya?(Fajar Health/ruf)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top