Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Menahan Kencing – FAJAR health
Warning

Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Menahan Kencing

Photo source: randomstory.org

FAJAR HEALTH – Perlu diketahui, kandung kemih orang dewasa mampu menyimpan setidaknya setengah liter air sebelum akhirnya harus dibuang melalui saluran kencing.

Pada dinding kandung kemih, seperti disebut ScienceAlert.com, terdapat reseptor yang berfungsi menginformasikan otak ketika kapasitasnya hampir terpenuhi. Karena itulah mengapa tubuh kita tahu kapan harus mengeluarkan air seni melalui proses buang air kecil.

Namun karena manusia memiliki kemampuan mengontrol kapan urinasi dapat dilakukan, meski kandung kemih sudah mendekati ambang batas, hal ini kerapa menyebabkan masalah tersendiri, terlebih ketika sering dilakukan.

Ketika anda memutuskan untuk menahan kencing, otot cylindrical sphincters pada kandung kemih anda akan menutup rapat memastikan tidak ada urine yang bocor melalui urethra. Namun ketika dijadikan kebiasaan dapat menyebabkan melemahnya otot kandung kemih.

Terlalu lama menahan kencing juga mengekspos anda terhadap potensi infeksi bakteri berbahaya, meningkatkan resiko anda terkena urinary trach infection atau infeksi saluran kencing dan infeksi kandung kemih.

Intinya, jangan pernah menahan kencing terlebih menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top