Terbangun dari Koma, Remaja Amerika Serikat Ini Ujug-ujug Fasih Bahasa Spanyol – FAJAR health
News Update

Terbangun dari Koma, Remaja Amerika Serikat Ini Ujug-ujug Fasih Bahasa Spanyol

Photo: WSB-TV Youtube Channel

FAJAR HEALTH – Forein accent syndrome atau sindrom aksen asing (SAA) adalah suatu kondisi medis langka yang terjadi pada otak dan mengakibatkan perubahan pada pola bicara seseorang, memberikan mereka aksen yang berbeda dari biasanya.

Hal tersebut belum lama ini menimpa seorang remaja asal Amerika Serikat bernama Reuben Nsemoh usai terbangun dari koma yang disebabkan benturan keras di bagian kepala saat berolahraga.

Reuben yang berusia 16 tahun itu ujug-ujug mampu berbicara bahasa Spanyol dengan fasih layaknya orang asli Spanyol. Namun menurut kedua orang tuanya, kejadian ini tidak berlangsung lama. Usai bahasa Inggrisnya kembali, perlahan ia mulai kehilangan kefasihannya berbahasa Spanyol.

Beberapa tahun lalu, kondisi ini pernah disebutkan oleh pakar SAA Dr. Karen Croot sebagai kondisi yang dinamakan kerusakan kontrol motorik.

“Berbicara adalah salah satu hal rumit yang kita lakukan dan melibatkan kerja pusat otak dalam mengkoordinasikan berbagai hal. Jika salah satu bagian otak atau lebih itu mengalami kerusakan, maka dapat mempengaruhi pemilihan waktu, melodi dan tensi dari kemampuan berbicara mereka,” kata Dr. Croot kepada CNN yang dikutip Fajar.

Kasus pertama SAA pertama kali tercatat pada tahun 1941, ketika seorang wanita asal Norwegia mengalami cedera otak dalam sebuah pengeboman, menyebabkannya mampu berbicara dalam bahasa Jerman.

Kejadian lain juga terjadi sekitar 3 tahun lalu. Seorang polisi menemukan seorang veteran angkatan laut yang tidak sadarkan diri di dalam sebuah motel di selatan California. Ketika ia terbangun, veteran tersebut kehilangan ingatan atas siapa jati dirinya dan hanya mampu berbicara dalam bahasa Swedia.

Sementara di Australia, mantan pengemudi bus yang mengalami kecelakaan mobil serius dan didiagnosa dengan patah tulang punggung dan rahang itu pulih dan terbangun dengan aksen Perancis.(Fajar)

Comments

comments

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top