5 Alasan Mengapa Mata Anda Berkedut – FAJAR health
News Update

5 Alasan Mengapa Mata Anda Berkedut

Photo source: giphy

FAJAR HEALTH – Anda mungkin pernah merasakan mata berkedut, perasan tidak nyaman yang diakibatkan oleh kejang yang terjadi pada saraf otot mata.

Kelopak mata sendiri adalah organ yang sangat halus, sehingga otot-ototnya terbilang rentan.

Meski pada umumnya mata berkedut dapat hilang dengan sendirinya, namun jika terjadi dalam waktu yang lama, menandakan ada yang salah dengan kesehatan anda.

Berikut beberapa penyebab mata berkedut seperti yang dilansir WomensHealthMag.com (24/10/2016):

1. Anda terlalu banyak meminum kafein
Mata berkedut anda bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan anda meminum kopi. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung dan metabolisme tubuh anda dan mempengaruhi otot-otot di pada tubuh, salah satunya otot mata.

2. Anda sedang stress
Tubuh dapat memberikan bermacam reaksi ketika anda sedang stress atau tertekan, mata berkedut adalah salah satunya. Mata berkedut akibat stress dapat diatasi dengan terlebih dahulu menghilangkan stress yang mendera anda.

3. Anda memiliki alergi
Ketika anda memiliki alergi, tubuh akan melepaskan senyawa kimia bernama histamin, menyebabkan tubuh bertingkah diluar dari kebiasaannya. Mata berkedut adalah salah satu reaksi alergi yang ditunjukan tubuh, seperti halnya bengkak-bengkak atau reaksi gatal pada bagian tubuh lain. Untuk meredakannya, anda dapat menggunakan obat tetes mata histamine.

4. Anda kurang tidur
Karena kelopak mata manusia adalah salah satu otot paling sensitif dari tubuh manusia, ketika terjadi ketidakseimbangan pada tubuh dapat dengan mudah mempengaruhinya.

5. Anda sudah harus mengunjungi dokter mata
Jika anda mendapati mata anda berkedut saat membaca buku atau berada di depan layar komputer, bisa jadi pertanda bagi anda untuk segera menemui dokter mata. Bisa jadi, mata anda bekerja terlalu keras untuk dapat fokus pada objek yang dilihat.

(Fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top